Gaya Hidup

Politeknik ATK Yogyakarta Gelar Pegelaran Busana dari Kulit

Jumat, 15 Juli 2022 - 01:26 | 76.20k
Peserta fashion show ketika memperagakan busana hasil dari meterial kulit kreasi mahasiswa semeter IV Politeknik ATK Yogyakarta (FOTO: Politeknik ATK Yogyakarta for TIMES Indonesia)
Peserta fashion show ketika memperagakan busana hasil dari meterial kulit kreasi mahasiswa semeter IV Politeknik ATK Yogyakarta (FOTO: Politeknik ATK Yogyakarta for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTAPoliteknik ATK Yogyakarta sebagai Institusi Pendidikan di Kementerian Perindustrian, dengan tiga bidang studi di dalamnya yaitu, Teknologi Pengolahan Kulit (TPK), Teknologi Pengolahan Produk Kulit (TPPK) dan Teknologi Pengolahan Karet dan Plastik (TPKP), terus berupaya menghasilkan lulusan yang unggul dalam bidang perkulitan.

Hal itu guna mendukung penciptaan tenaga industri yang kompetitif dan berdaya saing. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mendorong lulusannya dalam menumbuhkan inovasi dan kreativitas penciptaan, adalah melalui penyelenggaraan kegiatan pagelaran busana yang merupakan aplikasi langsung dari mata perkuliahan dalam Program Studi TPPK.

Advertisement

Kegiatan Pagelaran Busana yang diselenggarakan pada Rabu, (13/7/2022) di Auditorium Politeknik ATK Yogyakarta, mengusung Tema 'Kita (Kulit +Tartan) Bersama, Dengan semangat Bangkit bersama melawan Pandemi dan Kita bersama untuk terus berkarya'. Acara dibuka oleh Direktur Politeknik ATK Yogyakarta, Drs Sugiyanto, SSn MSn.

Pagelaran ini menampilkan hasil pembelajaran perkuliahan mahasiswa program studi TPPK semester IV yang berwujud hasil karya busana material kulit asli dengan kombinasi material fabric motif Tartan. Tartan merupakan motif Skotlandia dari abad ke-16 yang cukup populer dan pada kesempatan kali ini diangkat menjadi salah satu kombinasi dalam pagelaran busana di Politeknik ATK Yogyakarta.

Disamping itu digelar juga pameran sepatu dan aksesoris yang merupakan hasil karya dari mahasiswa semester II, yang walaupun masih dikategorikan mahasiswa baru namun memiliki kreativitas dari hasil pengembangan tugas kuliah yang diwujudkan dalam karya produk kulit.

Tidak turut ketinggalan, kolaborasi institusi pendidikan dengan pemerintah setempat juga diaplikasikan dalam pagelaran busana ini dengan adanya partisipasi penampilan karya produk jaket kombinasi ikat dan aksesoris dari IKM binaan Dinas Perindag Kota Yogyakarta dengan Politeknik ATK Yogyakarta serta stand-stand yang menampilkan produk kulit.

Terdapat sekitar 32 karya mahasiswa yang di tampilkan di panggung dengan penampil dan model yang juga merupakan mahasiswa pencipta karya busana itu sendiri, yang tentunya dapat menumbuhkan kepercayaan diri dan jiwa kewirausahaan bagi lulusan ATK nantinya.

"Melalui kegiatan ini, Politeknik ATK Yogyakarta ke depannya selain mencetak tenaga kerja industri yang kreatif dan inovatif  juga dapat mendukung penciptaan kewirausahaan dan pembukaan lapangan kerja berbasis kulit," Harap Galuh Puspita Sari, MT dosen pengampu mata kuliah Teknik Busana Kulit dan inisiator fashion show kepada TIMES Indonesia, Kamis (14/7/2022)

Hal tersebut sejalan dengan sambutan penutupan yang disampaikan Drs. Tri Karyadi Riyanto Raharjo, SH MSi Kepala Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kota Yogyakarta, yang mengapresiasi kegiatan pagelaran budaya yang digagas oleh Politeknik ATK Yogyakarta ini, dan mendukung kolaborasi pemerintah dan institusi pendidikan dalam menumbuhkan semangat wirausaha di Yogyakarta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES