Gaya Hidup

Tips Tidur Siang Berkualitas, Minum Kopi Salah Satunya!

Selasa, 02 Agustus 2022 - 11:15 | 25.71k
Ilustrasi tidur siang. (foto: topcareer)
Ilustrasi tidur siang. (foto: topcareer)

TIMESINDONESIA, JAKARTATidur siang memang tak lazim dilakukan terutama bagi pekerja. Namun ternyata tidur siang punya ragam manfaat untuk kesehatan. 

Diantaranya dapat memperbaiki memori, memperbaiki suasana hati, menghindari stres, bahkan dapat menjadi lebih kreatif. 

Advertisement

Nggak salah dong jika di negara maju, ada perkantoran yang memberi waktu karyawannya tidur siang. Karena memang karyawan akan lebih baik dalam menyelesaikan pekerjaannya. 

Sebenarnya Anda juga bisa menyempatkan waktu tidur siang, tak perlu lama 15-20 menit saja cukup.

Nah bigini tips tidur siang yang berkualitas

1. Makan

Pastikan perut Anda tidak kosong jika ingin tidur siang. Rasa lapar tentunya membuat tidur tidak nyenyak.

2. Minum kopi sebelum tidur

Terdengar aneh memang, mau tidur kog minum kopi? Tapi berdasarkan penelitian, minum kopi sebelum tidur siang dapat membuat tidur lebih berkualitas. Sebab kafein yang masuk ke dalam tubuk akan bekerja setelah 10-20 menit. 

Jadi Anda akan terbangun dalam kondisi badan yang segar, dan bersemangat karena kafein mulai bekerja. 

3. Cari tempat yang nyaman

Tempat yang nyaman menjadi kuci tidur berkkualitas. Jika suasana kantor Anda selalu riuh, coba gunakan headset dan kacamata tidur. Anda bisa memanfaatkan kursi kerja Anda, atau rebahkan kepala di meja kerja. Cari posisi yang paling nyaman bagi Anda. 

4. Langsung tidur

Memulai tidur juga menjadi salah satu pertimbangan orang enggan tidur siang. Karena banyak juga yang tidak langsung tertidur lelap meski sudah dalam posisi yang nyaman. 

Salah satu tipsnya tidur ala tentara. Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut ini

-Rilekskan seluruh wajah Anda, termasuk otot-otot di dalam mulut Anda.

-Turunkan bahu Anda untuk melepaskan ketegangan dan biarkan tangan Anda jatuh ke samping tubuh Anda.

-Buang napas, rilekskan dada Anda.

-Rilekskan kaki, paha, dan betis Anda.

-Kosongkan pikiran Anda selama 10 detik dengan membayangkan pemandangan yang menenangkan.

-Jika ini tidak berhasil, coba ucapkan kata-kata "jangan berpikir" berulang-ulang selama 10 detik.

-Dalam 10 detik, Anda harus tertidur!

Cara tersebut dapat dilakukan agar tidur siang Anda lebih berkualitas sehingga kinerja juga meningkat. Jangan lupa untuk menyiapkan alarm ya TIMES Lovers, biar nggak bablas hehehe! (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES