Gaya Hidup

5 Deretan Mahkota Terpopuler Ratu Elizabeth II yang Wajib Anda Ketahui

Selasa, 13 September 2022 - 06:09 | 80.73k
5 Deretan Mahkota Terpopuler Ratu Elizabeth II yang Wajib Anda Ketahui
Diamond diadem atau tiara berlian, salah satu tiara kebanggaan Ratu Elizabeth II. (Foto: Instagram/@royalcollectiontrust) 

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Semasa pemerintahannya di Kerajaan Inggris atau yang juga dikenal sebagai The United Kingdom, Ratu Elizabeth II ditengarai terlihat memakai beberapa koleksi tiara secara bergantian. Bahkan  menurut Marie Claire, Elizabeth memiliki tak kurang dari 50 koleksi tiara.

Namun ada beberapa tiara yang menjadi favorit Elizabeth yang menjadi pemimpin negara persemakmuran tersebut. Beberapa dipinjamkannya kepada para keluarga kerajaan saat mereka menghadiri acara tertentu. Yuk simak deretan tiara kesayangan ratu.

1. Imperial State Crown (Mahkota Negara Kekaisaran)

Imperial-State-Crown.jpgImperial State Crown, mahkota kebanggan Ratu Elizabeth II. (Foto: Instagram/@royalcollectiontrust)

Mahkota ini diwariskan dari kakek buyutnya. Mahkota ini di desain untuk Raja George IV yang bertahta di Inggris pada tahun 1762-1830. Mahkota kerajaan ini bertahtakan 3000 berlian, 269 mutiara, 17 batu safir, dan 11 batu emerald. Ratu Elizabeth II menggunakan mahkota ini saat penobatannya pada tahun 1953 saat usianya 25 tahun.

2. Diamond diadem (tiara berlian)

Diamond-diadem-aa.jpgDiamond diadem, tiara yang dipakai ratu setelah penobatan. (Foto: Instagram/@royalcollectiontrust)

Tiara yang pernah terlihat dipakai ratu setelah 2 bulan masa penobatannya ini dilengkapi dengan 1.333 berlian dan dua buah pita yang terbuat dari mutiara. Kedua pita tersebut mengapit barisan berlian yang juga menjadi dasar dari mahkota.

Melengkapi tiara tersebut, di puncak tiara terdapat beberapa gugusan bunga thistle, bunga yang sering ditemukan di kawasan Eropa. Gugusan daun semanggi yang menjadi lambang kerajaan Inggris  juga terlihat bertengger di tiara tersebut.

3. Cambridge Lovers' Knot Tiara

Lady-Diana-memakai-Cambridge-Lovers-Knot-Tiara.jpgLady Diana memakai Cambridge Lovers' Knot Tiara. (Foto: Instagram/@royalcollectiontrust)

Tiara ini pernah dipinjamkan ratu kepada Lady Diana saat pernikahannya dengan Pangeran Charles. Namun, saat mengetahui Diana sangat menyukai tiara tersebut ratu lantas memberikan tiara tersebut sebagai hadiah pernikahan. Tiara tersebut lantas dikembalikan lagi oleh Diana kepada Ratu Elizabeth saat dia bercerai dengan Charles.

Tiara yang memiliki 19 mutiara baroque ini merupakan tiara turun temurun yang didesain pada masa pemerinahan Ratu Mary. Tiara ini pernah dipakai Ratu Mary, Puteri Elizabeth (ibu Ratu Elizabeth II), Ratu Elizabeth II, Lady Diana Princess of Wales, dan kini sering dipakai Kate Middleton, Duchess of Cambridge sebagai penerus tahta dan calon ratu selanjutnya.

Selain mutiara, tiara tersebut juga dihias denga potongan berlian berwarna putih dan rose gold.  Beberapa tali berbentuk hati juga menghiasi bagian atas tiara tersebut. Tiara ini sering dipakai dengan anting dengan bentuk mutiara serupa.

4. Cartier Halo Tiara

Kate-Middleton-memakai-Cartier-Halo-Tiara.jpgKate Middleton memakai Cartier Halo Tiara saat acara pernikahannya. (Foto: Instagram/@royalcollectiontrust)

Tiara ini merupakan salah satu koleksi tiara kerajaan yang dibuat pada tahun 1936. Tiara tersebut pernah dipinjamkan Ratu Elizabeth II pada cucu menantunya Katherine Middleton saat pernikahannya dengan Pangeran William tahun 2011 lalu.

Tiara ini dihiasi dengan 739 potong berlian yang dipotong dengan indah dan 149 berlian yang dipotong dalam bentuk prisma. Bentuknya yang sederhana membuat tiara ini semakin mudah diingat.

5. Diamond Bandeau Tiara

Diamond-Bandeau-Tiara.jpgDiamond Bandeau Tiara yang pernah dipakai Meghan Markle. (Foto: Marie Claire)

Tiara ini merupakan tiara milik Ratu Mary, nenek dari Ratu Elizabeth II. Tiara tersebut tak pernah dipakai Ratu Elizabeth untuk menghargai kenangan yang ditinggalkan oleh neneknya. Tiara tersebut mangkrak begitu saja tersimpan dalam lemari perhiasan ratu selama 65 tahun.

Hingga akhirnya Ratu Elizabeth II meminjamkan tiara tersebut pada Megan Markle. Markle memakai tiara tersebut dan  memperkenalkannya ke publik saat acara pernikahannya dengan Pangeran Harry pada tahun 2018 silam. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES