Gaya Hidup

Sudah Tak Terpakai, Baju Cantik Ratu Elizabeth II Akan Dikemanakan? Ini Jawabannya

Senin, 19 September 2022 - 05:35 | 44.39k
Sudah Tak Terpakai, Baju Cantik Ratu Elizabeth II Akan Dikemanakan? Ini Jawabannya
Jubah yang dipakai Ratu Elizabeth II saat penobatan. (FOTO: The Royal Collections) 

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anda pernah melihat Ratu Elizabeth semasa hidupnya menggunakan baju-baju mewah dan cantik bukan? Nah, pasti ada yang bertanya bagaimana nasib baju-baju itu setelah ratu Kerajaan Inggris tersebut meninggal? Ini nih jawabannya.

Baju-baju yang dipakai Ratu Elizabeth didesain sesuai ukuran ratu United Kingdom atau yang juga dikenal sebagai Kerajaan Inggris. Jadi sangat kecil kemungkinannya baju tersebut akan muat jika dipakai Camilla atau Kate Middleton sebagai salah satu anggota perempuan dari keluarga kerajaan.

Diketahui, Kate Middleton sering terlihat memakai baju-baju almarhumah Lady Diana, istri pertama Raja Charles II sebelum Camilla. Perawakan dan ukuran baju yang hampir sama membuat baju-baju Diana terlihat cocok dipakai oleh istri Pangeran William tersebut.

Namun, bagaimana dengan nasib baju-baju yang dimiliki oleh mendiang Ratu Elizabeth II? Akan dikemanakankah baju-baju tersebut? Pasalnya, baju-baju tersebut dibuat mini sesuai ukuran ratu yang termasuk kecil jika dibandingkan dengan perempuan-perempuan Inggris lainnya.

Baju-baju milik mendiang Ratu Elizabeth II umumnya dibuat dan didanai oleh negara. Dirinya memiliki penjahit khusus yang sudah ditugaskan melayaninya oleh kerajaan selama bertahun-tahun.

Namun ratu kerajaan Inggris ini juga memiliki baju-baju yang dibelinya sendiri dengan uang pribadinya. Baju ini juga diletakkan bersama baju yang lain dalam lemari ratu yang sangat besar seperti etalase toko.

Baju-baju tersebut kini menjadi artifak kerajaan dan milik negara. Koleksi tersebut termasuk busana Ratu Elizabeth II saat penobatan tahun 1953 yang lalu.

Koleksi lain seperti baju pernikahan Ratu Elizabeth II, baju yang dipakai ratu saat pengukuhan  Pangeran Charles sebagai Pangeran Kerajaan, baju baju yang dipakainya menghadiri acara perayaan seperti perayaan ke 70 tahunnya menduduki tahta kemarin juga menjadi hak kerajaan.

Beberapa baju yang pernah dipakai dalam acara penting seperti baju kenegaraan yang dipakai saat mengahadiri pertemuan dengan para presiden dunia juga dimasukkan sebagai artifak kerajaan.

Museum-London.jpgThe victoria and Albert Museum London. (Foto: Victoria and Albert Museum, London)

Beberapa dari baju-baju ini lantas akan dipamerkan di beberapa museum busana di Inggris. Museum-museum tersebut seperti The Victoria and Albert yang terlatak di Cromwell Rd, London SW7 2RL, United Kingdom. 

Sebagaimana namanya museum ini merupakan bagian dari kerajaan yang dibangun oleh Ratu Victoria dan Pangeran Albert pada 1852. Saat ini, museum tersebut sudah memiliki 2.27 juta koleksi seni dalam berbagai bidang termasuk beberapa koleksi baju dari mendiang Ratu Elizabeth II.

Sebagian lain dari koleksi baju mendiang Ratu Elizabeth akan dipajang di beberapa istana kerajaan di berbagai sudut negeri Inggris termasuk juga negara persemakmuran. Sisanya akan disumbangkan ke beberapa museum yang menginginkan koleksi baju Ratu Elizabeth II.

namun yang jelas, baju-baju Ratu Elizabeth II tidak akan disumbangkan ke badan amal manapun demi menghormati mendiang Ratu yang paling lama memimpin Kerajaan Inggris tersebut. 

Sebagai informasi pada ulang tahun Ratu Elizabteh II yang ke-90 beberapa koleksi bajunya sudah di pasang dimuseum The Victoria and Albert, London. Setelah ratu meninggal koleksi museum tersebut akan ditambahhi termasuk sepatu dan assesories yang pernah dipakainya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

KOPI TIMES