Gaya Hidup

Cara Sederhana Mengatasi Insomnia, Mau Coba?

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 00:29 | 35.87k
Ilustrasi - Insomnia (Foto: MEGAFLOPP/ISTOCKPHOTO)
Ilustrasi - Insomnia (Foto: MEGAFLOPP/ISTOCKPHOTO)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Insomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya sulit tidur, atau tidak cukup tidur, meskipun terdapat cukup waktu untuk melakukannya. Gangguan tidur tersebut menyebabkan kondisi penderita tidak prima untuk melakukan aktivitas keesokan harinya. Agar bisa memiliki kualitas tidur yang baik, Anda perlu cara yang tepat untuk Mengatasi insomnia.

Dilansir dari cosmopolitan.co.id, berikut cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi insomnia.

1. Kurangi kegiatan di kamar tidur

Mulai sekarang, biasakan kamar tidur terutama kasur hanya digunakan untuk tidur. Kebiasaan Anda melakukan aktivitas lain seperti menyelesaikan pekerjaan, menonton TV, atau sekadar membaca buku akan menghilang fungsi kasur dan kamar sebagai tempat tidur yang sebenarnya dan buat insomnia kerap melanda.

2. Menjaga waktu tidur yang konsisten

Insomnia-1.jpgFoto: thinkstock

Jika Anda mengatur pukul 10 adalah waktu tidur, lakukan seterusnya di malam berikutnya. Catatan yang perlu diperhatikan adalah pejamkan mata Anda jika Anda benar-benar lelah atau mengantuk. Karena dengan memaksakan tubuh yang berbaring di kasur dengan mata yang belum ingin terpejam justru akan memperparah insomnia Anda.

3. Jangan paksakan diri untuk tertidur

Semakin Anda memaksakan diri untuk memejamkan mata, semakin sulit hal tersebut bisa terjadi. Lakukan meditasi atau relaksasi yang akan menenangkan tubuh dan pikiran sekaligus mengirimkan sinyal ke organ lainnya untuk mengistirahatkan tubuh Anda.

4. Jangan melakukan hal apapun jika terbangun dari tidur

Jika Anda terbangun di malam hari, hindari untuk melihat jam atau handphone Anda. Hal ini justru akan buat pikiran Anda panik membayangkan sisa waktu yang dibutuhkan untuk kembali beraktivitas di pagi harinya. Hal ini juga membuat Anda semakin sulit untuk kembali terpejam. Begitu pun efek dari cahaya handphone yang akan dengan segera memaksakan mata Anda kembali bangun sekalipun dalam keadaan setengah mengantuk.

Mengatasi insomnia yang Anda alami adalah hal yang penting. Jika dibiarkan insomnia bisa menimbulkan gangguan fisik dan mental. Yuk, atasi Gangguan tidur ini dengan berbagai cara di atas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES