Gaya Hidup

Tips Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala Bagi Wanita Berhijab

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 23:29 | 39.22k
Tips Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala Bagi Wanita Berhijab
ilustrasi penyakit rambut dan kulit kepala. (FOTO: zeenews.india.com).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Permasalahan kesehatan rambut dan kulit kepala seperti rambut lepek, berminyak dan berketombe tentunya menjadi musuh terbesar wanita berhijab sejak tren menggunakan hijab terus berkembang dari tahun ketahun di Indonesia.

Menurut dr. Danar Wicaksono MSc, SpDV selaku Dermatologist, kondisi kesehatan rambut yang tertutup oleh kain dan salah dalam memilih kain hijab, sering sekali mengakibatkan rasa tidak nyaman pada kulit kepala sehingga menimbulkan lepek.

Sebagai upaya menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala tetap sehat, dr. Danar membagikan tips agar terhindar dari rambut lepek, berminyak dan berketombe bagi wanita berhijab.

"Bagi wanita berhijab harus tepat dalam memilih bahan kain hijab yang akan dipakai. Jangan memakai bahan hijab yang tidak menyerap keringat," ucap dr. Danar dalam sesi talkshow di acara peluncuran Serasoft Serum Shampoo Hijab 3in1 di Kaum Restaurant, Menteng Jakarta Pusat pada Sabtu (8/10/2022).

Dihadapan komunitas wanita yang dominan berhijab dan mengenakan pakaian dominasi pink, dr. Danar mengatakan, rambut wanita berhijab masih mungkin terkena polusi udara dan juga kotor.

dr.-Danar-bersama-para-tamu-undangan.jpgdr. Danar bersama para tamu undangan yang hadir pada peluncuran Serasoft Serum Shampoo Hijab 3in1. (FOTO: Fahmi/TIMES Indonesia)

"Rambut yang tertutup kain seharian, tidak menutup kemungkinan rambut juga tetap terkena polusi udara atau kotor sehingga terjadi penumpukan minyak dan keringat pada kulit kepala. Inilah yang jadi masalah wanita berhijab karena memicu ketombe,” kata dr. Danar.

Selain memakai bahan kain hijab yang tepat, pria yang pernah mengikuti ajang L-Men of the Year 2019 ini menyarankan kepada para wanita berhijab untuk tidak pernah menunda keramas.

Menurutnya, menunda keramas dapat menyebabkan rambut menjadi lepek, berminyak, berketombe bahkan bisa menimbulkan bau tidak sedap.

"Pilihlah shampoo yang tepat untuk kondisi kulit kepala terutama bagi wanita berhijab yang lebih rentan mengalami berbagai masalah rambut karena tertutup seharian," ujar dr. Danar.

"Gunakan shampoo yang memang khusus diciptakan untuk atasi berbagai masalah rambut wanita berhijab," sambung 1st Runner Up The New L-Men of the Year 2019.

Pria yang aktif membagikan edukasi dan tips kesehatan kulit juga menyarankan wanita berhijab untuk keramas minimal sehari sekali.

"Keramas sehari sekali disaat semua aktifitas sudah selesai atau aku bisa bilang saat mandi sore atau mandi malam," beber dr. Danar.

Sebagai dokter kulit, dr. Danar menjelaskan kenapa harus keramas atau cuci muka hanya satu kali disaat mandi sore atau mandi malam.

"Satu kali aja, itu setelah semua kegiatan selesai. Tujuannya adalah saat terlama dalam hidup kita yaitu saat kita beristirahat, kita sudah dalam keadaan bersih sehingga bakteri, jamur tidak berkembang biak," jelas dr. Danar.

dr. Danar juga meminta wanita berhijab untuk tidak langsung memakai hijab saat rambut masih basah dan juga jangan terlalu kencang saat mengikat rambut serta hindari mengikat rambut dengan menggunakan karet gelang yang ketat.

"Soalnya ini bisa membuat rambut kamu jadi lepek. Dan jangan lupa untuk mengganti dan mencuci ciput yang sudah dipakai ya," pungkas dr. Danar Wicaksono yang membagikan tips menjaga kesehatan rambut dan kulit rambut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES