Gaya Hidup

5 Langkah Mudah Perawatan Rambut di Rumah

Senin, 31 Oktober 2022 - 01:28 | 44.10k
5 Langkah Mudah Perawatan Rambut di Rumah
Ilustrasi: Wanita cantik dengan rambut indah. (Foto: Valuvitaly/Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Rambut telah menjadi bagian penting dari kecantikan. Bukan kaleng-kaleng, tapi rambut merupakan anugerah kecantikan alami yang diberikan Tuhan. Namun, untuk terus menikmati keindahannya, perlu dilakukan perawatan rambut secara berkala.

Perawatan rambut ini tak melulu harus dilakukan di salon, namun bisa dengan mudah dilakukan di rumah. Anda hanya perlu menyisihkan waktu selama beberapa menit untuk melakukan perawatan  tersebut. Hal ini berguna umtuk menjaga kesehatan rambut.

Rambut yang sehat akan terlihat mempesona. Dengan merawat rambut secara rutin maka anda akan mendapatkan rambut yang sehat, bersinar dan tidak rusak.

Ada beberapa perawatan yang bisa anda lakukan di rumah yang akan memberikan tampilan rambut sehat berkilau. Apa sajakah perawatan yang dimaksud? Mari kita lihat daftarnya berikut.

1. Cuci rambut secara teratur
Cucilah rambut setidaknya setiap 3 hari sekali. Namun untuk kondisi rambut tertentu misalnya rambut kering maka anda boleh mencuci 2 kali dalam seminggu untuk menjaga kelembabannya. Dan untuk rambut dengan minyak berlebih anda bisa melakukannya sesuai kebutuhan.
Mencuci rambut secara teratur akan menghilangkan kotoran dan minyak berlebih di kulit kepala. Hal ini akan membuat rambut tampak lebih sehat dan terlihat menawan.

2. Pilih sampo dan kondisioner yang tepat
Memilih sampo yang tepat untuk rambut akan berpengaruh pada hasil perawatan rambut nantinya. Pilihlah sampo yang cocok dengan kondisi rambut. Cobalah menghindari sampo yang mengandung terlalu banyak bahan kimia, semakin sedikit bahan kimia yang terkandung semakin bagus pula sampo tersebut.
Hal ini juga berlaku pada kondisioner. Produk seperti ini umumnya dilengkapi dengan beberapa bahan yang mampu membuat rambut jatuh lembut dan mudah diatur. Cobalah untuk memilih kondisioner yang sesuai dengan rambut. Aplikasikan dengan cara memakaikan kondisioner pada ujung rambut saja.

3. Keringkan rambut secara alami
Gunakan handuk untuk mengeringkan rambut anda. Bungkkus rambut dengan handuk setelah dicuci dan biarkan handuk tersebut menyerap air yang menempel di rambut secara alami. Jangan tidur dengan rambut basah, juga jangan menyisir rambut saat masih basah atau bahkan dengan paksa menyisir rambut. Anda bisa mulai menyisirnya setelah rambut tersebut setengah kering. Gunakan sisir yang bergigi jarang.

4. Vitamin dan serum
Berikan vitamin atau serum untuk rambut akan membuat rambut terlihat menonjol. Oleskan vitamin atau serum tersebut ke ujung rambut. Serum atau vitamin akan merawat rambut dari luar dan dalam.

Untuk perawatan kulit kepala, anda bisa menggunakan minyak cem-ceman yang bisa dengan mudah didapatkan di toko-toko kosmetik terdekat. Gosokkan minyak tersebut ke kulit kepala dan lakukan sedikit pijatan lembut untuk melancarkan peredaran darah pada kulit kepala.

5. Lindungi rambut dari sengatan sinar matahari
Sinar matahari juga bisa merusak rambut. Sinar matahari dapat menghilangkan kelembapan rambut dan membuatnya kering. Kerusakan ini tidak akan terjadi dalam sekejap, tetapi jika dibiarkan terus menurus terpapar sinar matahari maka dalam kurun waktu tertentu rambut akan memperlihatkan tanda-tanda kerusakan.

Usahakan untuk selalu menggunakan topi dan syal untuk melindungi rambut saat berada di luar ruangan dengan paparan sinar matahari langsung. Saat anada berenang, usahan untuk selelu menggunakan hair cap untuk melindungi rambut anda dari bahaya klorin.

Nah, dengan melakukan langkah-langkah perawatan tersebut, tak ayal rambut akan terjaga kesehatannya. Dan anda akan tampil lebih percaya diri dengan rambut sehat berkilau setiap saat.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

KOPI TIMES