Gaya Hidup

IWAPI Hadir pada Gelaran Pasar Kain Nusantara di Sarinah Plaza Malang

Sabtu, 05 November 2022 - 16:32 | 18.77k
IWAPI Hadir pada Gelaran Pasar Kain Nusantara di Sarinah Plaza Malang
Batik Asli Madura dengan berbagai motif dijual di Stand Bazar IWAPI di Galeri Nusantara yang diselenggarakan oleh KCBI di Sarinah Plaza, Malang. (Foto: Junita/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) ikut memeriahkan Gelaran Pasar Kain Nusantara dengan membuka stand bazar di even Galeri Nusantara yang diselenggarakan Komunitas Cinta Berkain Indonesia (KCBI) Pusat yang berkolaborasi dengan Komunitas Cinta Berkain Malang Raya.

Acara ini berlangsung selama sepekan yakni mulai tanggal 30 Oktober 2022 sampai 6 November 2022 di lantai 2 Sarinah Plaza, Kota Malang.

Gelaran Pameran Kain Nusantara merupakan wadah bagi pengusaha kain serta membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)  untuk mempromosikan produk lokal mereka yakni kain nusantara dan baju dengan harga yang bervariasi.

Batik-2.jpgProduk Tas dan Sepatu dari Aniza Collection dijual di Stand Bazar IWAPI, di Sarinah Plaza, Malang. (Foto:Junita/TIMES Indonesia)

Kali ini, IWAPI menggandeng Hefna & Hr Collection, Aniza Collection, Antique by Feby, Rieke Fransisca, Almira Collection dengan harga jual kain mulai dari Rp 120 ribu sampai Rp 700 ribuan.

Ada beberapa produk lokal yang dapat ditemukan di stand bazar IWAPI ini. Mulai dari produk tas dan sepatu dengan motif batik Jawa Tengah yakni batik kawung dan batik parang, kebaya kutu baru, beberapa batik Malangan, serta  kain batik asli Madura juga ada.  

Produk lokal ini dibuat secara tradisional dan menggunakan pewarna alami serta diwariskan secara turun menurun. Berbagai produk memiliki motif dan corak yang unik dan khas di berbagai daerah di Indonesia.

Batik-UMKM.jpgStand Bazar Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia, di Sarinah Plaza, Kota Malang. (Foto:Junita/TIMES Indonesia)

"Lebih bangga pakai produk dalam negeri sendiri, dan mereka (para pengusaha kain) membuat sendiri, menenun sendiri, membuat kerajinan tangan seperti dan sepatu juga hasil buatan sendiri," tutur Agyl, penjual di Stand Bazar.  

Dibuka dengan hadirnya Wakil Wali Kota Malang, H Sofyan Edi Jarwoko pada hari pertama membuat pengunjung ramai berdatangan untuk membeli produk lokal. Mereka membeli beberapa produk lokal, terutama produk baju yang paling laris di 20 stand bazar yang telah disediakan oleh KCBI ini.

Istri mantan Wali Kota Malang, Heri Pudji Utami atau akrab dipanggil Ibu Peni juga menyempatkan hadir di Galeri Nusantara dan Gelaran Pasar Kain Nusantara ini untuk membeli produk baju batik Malangan karya Ikatan Pengusaha Wanita Indonesia (IWAPI). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

KOPI TIMES