Gaya Hidup

Rini Wulandari, Entrepreneur Muda Madiun yang Sukses Bisnis Kosmetik dan Beauty Studio

Minggu, 13 November 2022 - 10:26 | 29.15k
Rini Wulandari, Entrepreneur Muda Madiun yang Sukses Bisnis Kosmetik dan Beauty Studio
Rini Wulandari, entrepreneur muda 32 tahun asal Pilangkenceng, Kabupaten Madiun yang sukses berbisnis kosmetik dan perawatan kecantikan. (FOTO: Rini for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Sukses di usia muda menjadi impian banyak orang. Namun pasti penuh perjuangan. Seperti sosok perempuan muda asal Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Rini Wulandari AMd., Keb. CBAB. yang kini sukses berbisnis kosmetik dan perawatan kecantikan.

Perempuan yang kini berusia 32 tahun itu memiliki bisnis di Jalan MT Haryono Nomor E6-Krajan, Mejayan, Caruban, Kabupaten Madiun. Di tempat inilah Rini mengawali bisnis kosmetik sejak 2019 hingga punya beauty studio di tahun 2022.

"Awalnya iseng, nyoba pakai skin care brand lokal, terus rekan kerja sering nanya tips kosmetik apa yang saya pakai. Dari situ muncul ide memulai entrepreneur," katanya, Minggu (13/11/2022). 

Tanpa berpikir dua kali, tambah Rini, kesempatan itu rupanya langsung diambil. Langkah sederhana yang dia lakukan adalah menjadi dropshipper salah satu produk kosmetik. 

"Walau dari hal kecil, ternyata kesempatan tak datang dua kali," imbuhnya. 

Pun demikian, selama perjalanan bisnisnya Rini kerap mengalami rintangan. Bagaimana tidak, ibu dua anak ini harus dihadang pandemi Covid-19 sehingga membatasi ruang gerak.

Bisnis-Kosmetik-Rini-Wulandari.jpgStudio kecantikan milik Rini Wulandari di Jalan MT Haryono Nomor E6-Krajan, Mejayan, Caruban, Kabupaten Madiun. (FOTO: Rini for TIMES Indonesia) 

"Coba bayangkan awal memulai bisnis kemudian dihantam dengan situasi dan kondisi pandemi yang sangat terbatas, pastinya pusing," ujarnya. 

Kendati demikian, kondisi tersebut justru dia jadikan pelecut semangat dalam berinovasi supaya bisnis terus berjalan dan berkembang hingga survive. 

Upgrading Skill Pemasaran

Menjalani bisnis era kekinian tidak hanya niat dan kemauan saja yang dibutuhkan. Selain mendapat dukungan dari pasangan, tentu menjadi pengusaha mesti memiliki ilmu dan kemampuan. Rini kerap mengikuti pelatihan pemasaran via online maupun offline.

"Artinya, menjalani suatu usaha itu juga harus ada ilmunya dan support dari pasangan juga tentunya," terangnya sambil tersenyum.

Selain itu, entrepreneur muda ini juga memiliki target untuk mengembangkan studio kecantikan. Saat ini mempunyai store cosmetic yang bertempat di Caruban dan Pagotan, Kabupaten Madiun.

Tak hanya itu, Rini memiliki banyak mitra di berbagai daerah bahkan sampai luar negeri. Layanan kecantikan miliknya diberi nama Firyal Beauty Studio.

Rini-Wulandari-a.jpgBerkat kegigihan dan keuletan, Rini Wulandari sukses mengembangkan usaha beauty studio. (FOTO: Rini for TIMES Indonesia)

Tahun 2022, sosok entrepreneur muda ini juga mempunyai target untuk mengembangkan studio kecantikan. Hal ini juga atas permintaan customer yang berkunjung ke store kosmetiknya.

"Alhamdulilah bisa terealisasi, semoga mampu melayani customer dengan baik dengan kualitas yang ada. Saya sangat suka masukan-masukan dari para customer, mungkin ada hal kekurangan atau kepuasan, itu artinya mereka peduli sama saya to be is the best," ungkap Rini.

Di samping itu, kata dia, menjadi pebisnis yang sukses kuncinya adalah tekun. Apapun passion seseorang, keyakinan dan keikhlasan tetap menjadi penentu keberhasilan.

"Pada dasarnya kita hanya berusaha semaksimal mungkin, hasilnya pasrah sama Allah SWT. Allah tidak berpaling dari hamba yang berusaha, hanya takaran dan waktunya berbeda," jelas Rini Wulandari yang juga Bendahara Umum BPC HIPMI Kabupaten Madiun. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES