Gaya Hidup

Sumber Penghasilan di Luar Gaji, Ada 5 Pilihan yang Bisa Dicoba

Kamis, 01 Desember 2022 - 14:11 | 29.07k
Ilustrasi: Jual kaos online. (Foto: lummoshop)
Ilustrasi: Jual kaos online. (Foto: lummoshop)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyaknya kasus PHK massal belakangan ini, terutama yang melanda perusahaan startup, mengingatkan kita akan pentingnya punya sumber penghasilan tambahan.

Jika amit - amit, kena PHK, kita sudah siap secara finansial. Ada penghasilan lain di luar gaji, yang bisa kita andalkan.

Advertisement

Apa sumber penghasilan tersebut ? Bukannya jika sudah bekerja waktu kita sangat terbatas.
Untungnya, saat ini dengan perkembangan dunia digital dan internet, banyak kesempatan kerja online yang bisa dilakukan di luar jam kerja.

Modalnya juga hanya HP dan bahkan bisa menghasilkan uang dollar.
Berikut ini pilihan kerja online sampingan, yaitu:

1. Jual Foto Online

Saat ini, kita mudah mengambil gambar dengan HP. Tidak jarang memori di ponsel penuh karena saking banyaknya foto yang diambil.

Tapi, tahukah kita bahwa foto - foto dari HP tersebut bisa menghasilkan uang.
Ya, kita bisa menjual foto dan menghasilkan uang, dengan cara upload ke Shutterstock.

Shutterstock adalah situs microstock yang melayani penjualan foto, video, vektor, music secara online dengan membayar royalti ke kontributor atas karya yang dibeli dari platform mereka.

Saat ini, jumlahnya mencapai 1 juta kontributor. Terdapat 330 juga gambar dan 18 juta video di platform microstock ini.

2. Jual Kaos Online

Mereka yang punya skill desain bisa membuat dan menjual kaos ke luar negeri cukup lewat HP mereka. Lalu menghasilkan dollar secara online jika kaosnya terjual. 

Tidak dibutuhkan modal. Cukup punya HP yang terkoneksi jaringan internet.

Tidak perlu khawatir soal cetak dan pengiriman karena akan dikerjakan oleh platform Print on Demand.
Print on demand adalah bisnis dimana produknya bisa kita custom atau cetak sendiri berdasarkan permintaan pelanggan.

Berikut ini bagaimana proses pembuatan, penjualan pengiriman kaos secara online lewat HP:

1. Desain kaos di platform desain, seperti canva

2. Buat landing page untuk menjual desain kaos tersebut

3. Hubungkan WA dalam landing page untuk pembeli melakukan pemesanan

4. Kaos yang sudah dipesan cetak di layanan platform print-on demand

5. Kirim kaos ke pemesan oleh layanan print on-demand

6. Cetak satu kaos saja bisa. Satu kaos bisa dipesan dan dikirim langsung ke pembeli.

Dari proses ini, kita juga bisa melihat bahwa tugas kita di awal saja, yaitu mendesain kaos. Sisanya, mulai dari cetak sampai pengiriman, dilakukan oleh layanan print-on-demand.
Pengiriman oleh Print on Demand bisa dilakukan ke seluruh dunia. Kita tinggal pilih ingin menaruh desain di layanan Print on Demand di negara mana.

3. Freelancer

Freelance atau freelancing adalah sistem bekerja untuk sejumlah perusahaan tanpa terikat kontrak kerja jangka panjang atau permanen. Tenaga kerja freelance inilah yang kemudian disebut dengan istilah freelancer atau pekerja lepas.

Jadi, freelancer boleh dibilang tidak terikat kontrak permanen.
Fleksibilitas freelancer inilah yang cocok untuk mereka yang punya skill dan ingin mendapatkan income tambahan.

Tidak perlu pergi ke kantor, cukup kerja dari rumah.
Di platform freelancer, gelar atau lulusan tidak menjadi syarat. Cukup punya skill yang dibutuhkan.

Beberapa contoh pekerjaan freelancer:

Desain grafis. Konten yang melibatkan desain grafis sekarang sangat banyak, sehingga peminat jasa ini cukup tinggi.

Jasa video editor saat ini juga marak dibutuhkan. Terlebih Tiktok dengan konten yang berisikan video-video, semakin menunjukkan popularitasnya.

Admin sosial media biasanya dibutuhkan bagi pemilik akun yang sedang menjalankan bisnis onlinenya. Tugas admin sosial media sendiri biasanya untuk memastikan bahwa komentar dan dm audiens sudah terjawab.

4. Penulis Konten

Pekerjaan online menghasilkan uang yang bisa dicoba adalah dengan menjadi freelance writer. Menjadi freelance writer memang cukup menjanjikan saat ini. Sebab kebutuhan konten artikel semakin banyak. 
Selain bisa dikerjakan secara online, menjadi freelance writer juga cukup fleksibel. Waktu pengerjaan pun bisa menyesuaikan dengan longgarnya aktivitas Anda. Penghasilan dari menjadi freelance writer pun sangat menguntungkan. Biasanya seorang freelance writer akan dibayar berdasarkan kata yang telah ditulis. 

Tak perlu bingung dalam mencari pekerjaan sebagai freelance writer. Beberapa website membuka lowongan freelance writer secara berkala. Website tersebut antara lain sribulancer, projects.co.id, kontenesia.com, dan masih banyak lainnya. 

5. Admin Sosial Media

Pekerjaan online selanjutnya adalah dengan menjadi admin sosial media. Admin sosial media biasanya dibutuhkan bagi pemilik akun yang sedang menjalankan bisnis onlinenya.
Biasanya akun bisnis tersebut memiliki banyak target pasar di beberapa sosial media seperti instagram dan facebook. Tugas admin sosial media sendiri biasanya untuk memastikan bahwa komentar dan dm audiens sudah terjawab.

Pekerjaan ini bisa dilakukan di manapun. Tak hanya itu, menjadi admin sosial media juga tidak perlu memiliki kemampuan khusus, sehingga siapapun bisa mendaftar.

6. Canva Creator

Cukup dengan modal HP kita bisa menjual template sebagai Canva Creator. Tidak perlu persyaratan lain.
Canva adalah website desain online terbesar di dunia saat ini. Sangat populer dan banyak digunakan oleh orang di seluruh dunia.

Canva membuka kesempatan bagi siapapun untuk mendapatkan penghasilan tambahan sebagai kontributor Canva. 

Kita dapat mengirim desain sebagai kontributor Canva. Nantinya, jika file digital tersebut dibeli oleh salah satu pelanggan atau desain yang kita buat digunakan oleh pelanggan Canva Pro, kita akan dapat royalti.
Menjadi kontributor tidak akan menyita waktu. Sistem kontributor ini tidak tetap, jadi kita bisa menyesuaikan dengan waktu luang yang ada. 

Berita banyaknya PHK saat ini, tentu saja, sangat menyedihkan. Yang perlu kita lakukan, untuk bersiap diri, adalah mulai mencari sumber penghasilan tambahan di luar gaji.
Dunia kerja online memberikan banyak kesempatan saat ini untuk cari kerjaan tambahan. Yang penting kita mau dan punya skill. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES