Gaya Hidup

8 Deretan Wanita Tertua di Dunia, Banyak yang Berasal dari Asia

Jumat, 20 Januari 2023 - 06:12 | 31.26k
Kumpulan foto wanita tertua di dunia. (Foto: Twitter/@Supercentenaria)
Kumpulan foto wanita tertua di dunia. (Foto: Twitter/@Supercentenaria)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Lucile Randon yang didaulat menjadi wanita tertua di dunia baru saja menghembuskan napas terakhirnya pada Selasa (17/1/2023) kemarin dalam usianya yang ke 118 tahun. Kini posisi ini diduduki oleh Maria Branyas Morera yang berusia 115 tahun.

Namun tahukah anda bahwa nama-nama wanita tersebut sudah tercatat ke dalam daftar oleh Gerontology Research Group. Dalam daftar tersebut terdapat sekitar 5 orang wanita yang berasal dari Asia, lebih tepatnya negara Jepang. 

Advertisement

Daftar Wanita Tertua di Dunia Menurut Gerontology Research Group

1. María Branyas Morera

Perempuan berkebangsaan Spanyol ini lahir di San Francico California, AS pada 4 Maret 1907. Setahun sebelum dia lahir keluargany apindah bermigrasi ke AS. Namun 14 tahun kemudian memutuskan untuk kembali karena kesehatan ayahnya. 

Maria Branyas kini sudah berusia 115 tahun. Dua bulan lagi dirinya akan merayakan ulang tahunnya yang ke 116. Hingga kini kondisi Branyas dinyatakan sehat dan masih bisa beraktifitas seperti biasa. Dirinya dinyatakan menjadi wanita tertua di dunia pada Selasa (17/1/2023) kemarin setelah Lucile Randon meninggal.
 
2. Fusa Tatsumi 

Posisi kedua diduduki oleh Tatsumi yang berkebangsaan Jepang. Wanita ini lahir pada 24 April 1907, beda sebulan dengan Branyas. saat ini dirinya juga berusia 115 tahun. Meskipun kondisinya sudah menurun dan harus menggunakan kursi roda untuk membantu mobilitasnya, Tatsumi masih bisa dibilang cukup sehat. 

3. Edie Ceccarelli 

Perempuan berkebangsaan AS yang lahir pada 5 Februari 1908 kini aru saja memasuki usia 115 tahun.  Edie Ceccarelli tinggal di panti jompodi daerah Willits. Saat ini dirinya sedang menderita penyakit pikun akibat menua atau yang sering dikenal dengan dementia.  

4. Tomiko Itooka 

Salah satu penduduk Jepang ini juga menjadi wanita tertua di dunia pada urutan ke-4. Itooka lahir pada 23 Mei 2023. Kini usianya mencapai 114 tahun dan keluarganya mendampinginya di masa tuanya. Kini Itooka tinggal di Perfektur Hyogo, Jepang. 

5. Inah Canabarro Lucas

Wanita Brazil ini saat masih kecil bertubuh sangat kurus. Bahkan teman-temannya tak menyakngka dirinya bisa bertahan hingga sekarang. Wanita kelahiran Rio Grande, Brazil ini kini berusia 114 thahun dan lahir pada 8 Juni 1908. 

Canabarro kini harus menggunakan tongkat untuk membantunya berjalan dan berdiri. Dirinya juga pernah tejangkit virus corona namun juga masih bisa bertahan dan kembali pulih hingga sekarang. 

6. Hazel Plummer

Satu lagi wanita tertua yang berasal dari AS. Plummer lahir pada 19 Juni 1908 dan menjadikan usianya kini 114 tahun. Saat ini dirinya harus menggunakan kursi roda dan kehilangan kekuatan untuk melakukan aktifitasnya. 

Plummer tinggal di panti jompo Nashoba Valley di Littleton Massacusset. Kini dirinya memiliki 6 cucu dan 4 cicit. Ayahnya meninggal pada umur 74 tahun dan ibunya meninggal di usia 94 tahun. Seperti berumur panjang sudah menurun pada gen keluarga ini.

7. Kimiko Ono

Posisi ke-7 diduduki oleh wanita dari Jepang. KImiko Ono lahir pada 20 Juni 1908. Wanita ini tinggal bersama anaknya hingga usianya 107 tahun. Kini dirinya tinggal dipanti jompo di Sakai, Osaka. Dirinya menyukai daging dan sering meminum jus sayur sebagai rahasia hidup sehatnya. 

Hingga berumur 113 tahun pengliihatannya masih tajam dan mampu mmbaca selbaran iklan dengan huruf yang notabene kecil. Usia 114 tahun saat ini Kimiko harus menggunakan kursi roda, namun dia masih bisa mengoperasikan kursi roda tersebut tanpan bantuan perawat.

8. Yasue Okai

Lahir pada tanggal 25 November 1908 wanita berkebangsaan Jepang ini meruupakan wanita yang suka memasak bagi anggota keluarganya. Makanan favorit yang dimasaknya yakni sushi gulung dan oden. 

Salah satu wanita tertua di dunia ini dikenal suku berjalan mengelilingi liingkungan sekitar perumahan dengan menggunakan tongkat hingga usia 105 tahun. Namun kini dirinya harus berada di rumah karena kesehatannya yang menurun. Saudara-saudaranya juga meninggal di usia 90 dan 100 tahun. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES