Gaya Hidup

Cara Jitu Mengelola Keuangan Bisnis Online

Senin, 30 Januari 2023 - 07:22 | 113.60k
Ilustrasi mengelola keuangan. (Foto: Dok TIMES Indonesia)
Ilustrasi mengelola keuangan. (Foto: Dok TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dari bermacam jenis usaha, bisnis online menjadi salah satu pilihan bisnis yang kian hari kian diminati. Selain tidak terlalu sulit dalam menjalankan, usaha ini bisa memberikan keuntungan besar. 

Namun, jika dalam mengelola keuangan amburadul maka cuan yang didapat tidak akan bisa dimanfaatkan dengan optimal. Bahkan, usaha yang dirintis bisa berantakan di tengah jalan. 
Kemampuan mengatur keuangan secara efektif adalah syarat mutlak agar penghasilan bisnis yang Anda rintis dapat terus berkembang dan tidak menghilang tanpa jejak.
Simak beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mempelajari cara jitu mengatur keuangan bagi pebisnis online:

#1. Buat Rencana Keuangan (Budgeting)

Mengatur bisnis online sangat diperlukan budgeting dengan menetapkan target dan perencanaan jangka pendek, menengah, hingga jangka panjang. Perencaanaan ini dibutuhkan untuk membantu membatasi pengeluaran dengan target-target  yang ditetapkan. 
Fungsi perencanaan anggaran sebagai alat pengendali pengeluaran sehingga keuangan tetap terkendali . Karena itu, selalu lakukan secara berkala dalam menyusun budgeting, mulai dari berapa banyak dana dibutuhkan hingga penerimaan pemasukan. 
Hal itu akan mempermudah untuk menggunakan uang sebaik mungkin menyesuaikan kondisi dan kebutuhan berbeda setiap bulannya. Jangan sampai Anda menghamburkan uang di luar kemampuan Anda. Jika hal itu terjadi, dapat dipastikan Anda akan terbelit utang ketika ada kebutuhan mendesak harus dipenuhi.

#2 Pisahkan Uang Berdasarkan Kebutuhan

Memisahkan pos-pos keuangan wajib dilakukan agar penghasilan dan pengeluaran bisnis tidak bercampur dengan keuangan pribadi. Penggabungan rekening keuangan akan menjadikan Anda merasa terus memiliki banyak uang. Imbasnya, uang yang seharusnya digunakan untuk operasional bisnis tanpa disadari akan ikut terpakai.
Pemisahan rekening pribadi dengan bisnis akan memudahkan dalam pembuatan pembukuan usaha menjadi lebih jelas dan terstruktur. Dengan memisahkan rekening, akan  memperkecil risiko pertanggungjawaban jika pendapatan usaha digunakan untuk keperluan pribadi. 

#3. Buat Laporan Keuangan

Menjalankan bisnis online sangat butuh proses laporan keuangan atau proses pembukuan untuk merekap data keseluruhan informasi keuangan dari pengeluaran hingga pemasukan yang didapat. 
Dengan memiliki laporan keuangan, pebisnis pemula yang biasanya kebingungan dalam menghitung antara jumlah pendapatan dan pengeluaran bisnisnya, bisa teratasi.  
Keputusan penting juga bisa segera diambil jika Anda memiliki keuangan usaha yang dijalankan secara rinci. Dengan memiliki laporan keuangan, sebuah usaha akan mengetahui kronologis yang terjadi selama menjalankan bisnis.

#4. Siapkan Keuangan Cadangan

Pastikan memiliki uang cadangan untuk membantu meringankan beban ketika bisnis yang digeluti mengalami kerugian. Terkadang hal-hal diluar prediksi dapat terjadi meskipun sudah dibuat perencanaan sebaik mungkin.
Tentu akan sangat berpengaruh pada keuangan bisnis seiring munculnya permasalahan pada bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda wajib memiliki rencana lain jika keadaan buruk terjadi. 

#5. Memanfaatkan Teknologi

Pemanfaatan teknologi dibutuhkan untuk membantu pencatatan Laporan Keuangan secara sederhana sehingga mempermudah bisnis online yang dijalankan. Banyak aplikasi laporan keuangan yang dapat dipilih. 
Penggunaan teknologi dalam mengelola keuangan bisnis online untuk menjaga ketelitian dan konsistensi dalam mengatur cash flow agar tidak berantakan. 

Jangan Tergoda dengan Penghasilan

Ritme pemasukan pebisnis online berjalan dalam hitungan hari. Karena itu, Anda jangan sekali-kali tergoda untuk menghabiskan penghasilan tersebut dengan tidak bijaksana setiap hari. 
Akibat dari kebiasaan buruk menghamburkan penghasilan tidak terkendali baru akan terasa dalam jangka panjang. Anda wajib mengelola keuangan dengan baik jika ingin menikmati penghasilan dalam jangka panjang. Selamat menjalankan tips sederhana mengelola keuanganbisnis online di atas, semoga bermanfaat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES