Gaya Hidup

6 Vitamin untuk Membuat Kulit Anda Terlihat Bersih dan Sehat

Senin, 22 Mei 2023 - 05:52 | 146.49k
Gadis dengan kulit cantik. (Foto: Sophiazuravets)
Gadis dengan kulit cantik. (Foto: Sophiazuravets)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Vitamin memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kulit. Beberapa vitamin dapat mencerahkan warna kulit dan membuatnya terlihat lebih sehat dari sebelumnya. Dan atahukah anda, jenis-jenis vitamin ini adalah kunci yang selama ini disembunyikan oleh para ahli dermatologi.

Umumnya orang-orang tidak menyadari bahwa memberikan kulit kita vitamin yang sesuai akan bermanfaat dan mengurangi biaya tinggi dari beberapa prosedur yang diperlukan saat mengunjungi dokter ahli. Berikut ini adalah beberapa vitamin penting yang bermanfaat untuk kulit.

Jenis Vitamin dan Manfaatnya untuk Kulit

1. Vitamin C

Vitamin ini dikenal karena sifat antioksidannya yang membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Vitamin C juga membantu produksi kolagen, meningkatkan elastisitas kulit, dan mengurangi tampilan kerutan. Ini dapat mencerahkan kulit, meratakan warna kulit, dan meningkatkan tekstur kulit secara keseluruhan.

2. Vitamin E

Antioksidan kuat lainnya, vitamin E membantu melindungi kulit dari stres oksidatif dan kerusakan sinar UV. Ini melembapkan kulit, meredakan peradangan, dan mempromosikan penyembuhan. Vitamin E umumnya terdapat dalam produk perawatan kulit dan dapat membantu menyehatkan dan melembapkan kulit.

3. Vitamin A

Juga dikenal sebagai retinol atau retinoid, vitamin A penting untuk pembaharuan sel kulit. Ini membantu meningkatkan tekstur kulit, mengurangi garis halus dan kerutan, serta meratakan warna kulit. Turunan vitamin A, seperti retinol, umum digunakan dalam produk perawatan kulit anti-penuaan.

4. Vitamin D

Meskipun terkenal karena perannya dalam kesehatan tulang, vitamin D juga berperan dalam kesehatan kulit. Ini membantu mengatur pertumbuhan dan diferensiasi sel, mendukung fungsi kekebalan tubuh, dan dapat membantu mengurangi risiko beberapa kondisi kulit tertentu. Vitamin D utamanya diperoleh melalui paparan sinar matahari, tetapi juga dapat ditemukan dalam beberapa makanan dan suplemen.

5. Vitamin B3 (Niacinamida)

Vitamin ini memiliki banyak manfaat untuk kulit. Ini membantu menjaga pelindung kulit, meningkatkan hidrasi kulit, dan mengurangi kemerahan dan peradangan. Niacinamida juga dapat membantu meminimalkan tampilan pori-pori, mengatur produksi minyak, serta meratakan warna kulit.

6. Vitamin B5 (Asam Pantotenat)

Vitamin ini dikenal karena sifat pelembapnya dan kemampuannya untuk meningkatkan hidrasi kulit. Ini membantu menenangkan dan menyembuhkan kulit yang kering, iritasi, atau rusak. Vitamin B5 sering ditemukan dalam produk perawatan kulit yang diformulasikan untuk kulit kering atau sensitif.

Penting untuk dicatat bahwa meskipun vitamin dapat bermanfaat untuk kulit, mereka harus digunakan dalam kombinasi dengan rutinitas perawatan kulit yang sehat dan kebiasaan gaya hidup yang baik. Selain itu, diet yang seimbang dan hidrasi yang cukup juga penting.

Selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli dermatologi atau tenaga kesehatan profesional sebelum memulai pemberian vitamin atau suplemen baru untuk kulit anda. hal ini guna menentukan dosis yang tepat dan memastikan sesuai dengan kebutuhan dan riwayat medis yang dimiliki. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES