Gaya Hidup

Jenis-jenis Kacang dan Kisaran Harganya di Dunia, No.7 Termahal

Senin, 07 Agustus 2023 - 02:47 | 482.84k
Berbagai jenis kacng-kacangan yang ada di dunia. (Foto: 8photo/Freepik)
Berbagai jenis kacng-kacangan yang ada di dunia. (Foto: 8photo/Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kacang-kacangan merupakan makanan yang populer dan lezat, sering dijadikan camilan sehat, bahan tambahan hidangan, atau bahkan menjadi bahan dasar dalam berbagai olahan makanan. Selain rasanya yang enak, kacang juga mengandung berbagai nutrisi penting, seperti protein, serat, vitamin, lemak sehat, vitamin B, zat besi, dan mineral.

Dilansir dari Healthline manfaat biji-bijian ini termasuk membantu meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan risiko diabetes tipe 2, mendukung kesehatan otak dan fungsi kognitif, membantu menjaga berat badan yang sehat, dan memberikan energi tahan lama untuk aktivitas sehari-hari. Konsumsi kacang secara teratur dapat menjadi bagian dari gaya hidup sehat dan pola makan yang seimbang.

Jenis Kacang-kacangan di Dunia dan Kisaran Harganya di Pasaran

1. Kacang Tanah (Peanut)

Kacang tanah merupakan salah satu jenis yang paling populer dan sering ditemui di pasaran. Biji-bijian tersebut biasa memiliki harga berkisar antara 20.000 hingga 25.000 Rupiah per kilogram. Sementara itu, untuk kacang tanah panggang atau kacang gajus yang lebih nikmat sebagai camilan, harganya dapat mencapai 25.000 hingga 35.000 Rupiah per kilogram.

2. Mete (Cashew Nut)

Kacang ini memiliki rasa manis yang lezat dan tekstur yang renyah. Biji-bijian tersebut biasanya dijual dalam bentuk mentah, panggang, atau gajus. Harganya berkisar antara 40.000 hingga 60.000 Rupiah per kilogram, tergantung pada jenis dan kualitasnya.

3. Almond

Jenis biji-bijian ini merupakan yang paling populer untuk ditambahkan dalam makanan sehat dan olahan kue. Kacang almond biasanya dijual dalam bentuk mentah atau dipanggang. Harganya berkisar antara 60.000 hingga 80.000 Rupiah per kilogram.

4. Walnut

Walnut memiliki cangkang keras dan daging yang lezat, sering digunakan dalam kue, roti, atau salad. Harga kacang walnut berkisar antara 80.000 hingga 100.000 Rupiah per kilogram.

5. Pecan

Pecan memiliki rasa yang manis dan tekstur yang kenyal. Kacang ini sering dijadikan bahan dalam hidangan manis atau camilan. Harga pecan berkisar antara 100.000 hingga 120.000 Rupiah per kilogram.

6. Hazel (Hazelnut)

Hazel memiliki rasa yang kaya dan tekstur renyah. Kacang ini sering digunakan dalam berbagai hidangan seperti cokelat, selai, dan kue. Harga kacang hazel berkisar antara 70.000 hingga 90.000 Rupiah per kilogram.

7. Macadamia

Macadamia adalah kacang yang berasal dari Australia dan memiliki rasa lembut serta kaya lemak sehat. Biji-bijian jenis ini sering dijadikan camilan mewah dan mahal. Harganya cenderung lebih tinggi, berkisar antara 200.000 hingga 300.000 Rupiah per kilogram. Hl ini dikarenakan proses pengupasan yang susah. 

Harga-harga di atas hanya estimasi dan dapat bervariasi bergantung pada lokasi, kualitas, dan permintaan pasar. Jumlah kacang yang dijual dan musim juga dapat mempengaruhi harga di pasaran. Meskipun kacang-kacangan bisa menjadi camilan yang nikmat, konsumsi dalam jumlah yang wajar disarankan untuk memanfaatkan manfaat nutrisi yang optimal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES