Gaya Hidup

Kollabora Gandeng Jamu Iboe, Hadirkan Menu Unik Bhineka Tunggal Ika 

Selasa, 15 Agustus 2023 - 16:28 | 120.18k
Pengunjung menikmati menu unik di Kollabora Coffee Geek & Workspace Surabaya edisi HUT Kemerdekaan, Selasa (15/8/2023). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Pengunjung menikmati menu unik di Kollabora Coffee Geek & Workspace Surabaya edisi HUT Kemerdekaan, Selasa (15/8/2023). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYAKollabora Coffee Geek & Workspace Surabaya bersama Jamu Iboe berkolaborasi menghadirkan menu istimewa sepanjang Bulan Kemerdekaan RI ke-78. 

Salah satu kafe tematik terbaik tersebut kembali menghadirkan nuansa dan hidangan spesial dalam seasonal menu bertema Bhinneka Tunggal Ika. 

Kolaborasi keduanya mengusung aneka minuman dan makanan sesuai tema. Total ada tiga minuman, dua makanan utama (main course), dan dua dessert yang disajikan khusus selama bulan Agustus ini.

Coffee-Geek--Workspace-2.jpgPara staf Kollabora Coffee Geek & Workspace Surabaya memakai dresscode baju tradisional, Selasa (15/8/2023). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia) 

Untuk makanan ada Bhinneka yang merupakan hidangan Tong Seng, kuliner khas Jawa Tengah. Lalu ada kuliner Bakar Batu Papua yang disebut sebagai Nusantara.

"Sementara dessertnya kami ada Pulau Pisang berupa pisang gapit dengan es krim di atasnya dari Kalimantan Timur, dan Pannadesa yang menggabungkan klepon, es krim tradisional dan santan pandan," terang Operational Manager Kollabora, Salman Rusdi, Selasa (15/8/2023). 

Paling menarik, adalah minuman yang rasanya cukup membuat penasaran banyak orang. Kollabora menamai tiga minuman spesial ini yakni Es Soto, Es Bakso dan Es Rawon. Wah, seperti apakah rasanya? 

Khusus untuk tiga minuman tematik ini ternyata semuanya berbahan minuman herbal dari Jamu Iboe, yakni Kunyit Asem, Temulawak, dan Lidah Buaya. Bahan-bahan itu kemudian dimodifikasi dengan beberapa bahan lainnya sebagai minuman segar.

Es bakso misalnya. Menggunakan bahan dasar aloe vera atau lidah buaya, labu, nanas, leci, mentimun dan mangga. Sedang Es Soto berbahan Temulawak, pineaple, sitrus lemon, dan spicy-nya dari tabasco. 

Sementara Es Rawon berbahan Kunyit Asam, buah pir, terong Belanda, charcoal atau arang untuk hitamnya, dan rasa gurihnya dari flavour oil. 

Agar menambah kesan penampilan seperti soto, bakso, dan rawon aslinya, Salman menyajikan tambahan sambal yang terbuat dari mutiara, kerupuk dari labu, telur ayam dari jelly.

Salman mengatakan, untuk seasonal menu tersebut, Kollabora menawarkan harga mulai Rp45.000 untuk minuman. 

"Sejak ditawarkan pada awal Agustus lalu peminatnya lumayan bagus. Selama ini mindset orang itu menu bakso, soto, rawon itu makanan, tapi ini minuman," jelasnya.

Nuansa Kemerdekaan di Kollabora bukan hanya dari menu, namun juga dekorasi, dresscode para staf, hingga ada penampilan tarian tradisional di setiap Jumat malam.

Ditambahkan Salman, hingga saat ini Kollabora sudah menghadirkan tematik sekitar 14 kali atau momen. 

"Selain Kemerdekaan, biasanya tematik kita hadirkan saat Natal dan Tahun Baru, Idul Fitri, Valentine, dan sebagainya," ungkapnya.

Owner & Direktur Utama PT Jamu Iboe Jaya, Stephen Walla turut menambahkan, pihaknya sengaja menggandeng Kollabora untuk membuat kreasi makanan dan minuman dalam rangka menyemarakkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI. 

"Kolaborasi dengan F&B saat ini karena saat ini peluang bisnis F&B ini sedang menggeliat, recovery yang bagus usai pandemi dan bisnis resto, cafe ini makin berkembang," kata Stephen.

Dipilihnya Kollabora karena cafe resto ini memiliki kreativitas tematik yang selalu berubah menyesuaikan momen. Dan selama ini seasonal menu yang dihadirkan dinilainya selalu out of the box.

Jamu Iboe sendiri, kata Stephen, juga harus dikreasikan agar menjadi lifestyle sehari hari dan bisa diminati anak muda.

Stephen berharap dengan sering meluncurkan inovasi produk baru, masyarakat Indonesia tak melupakan minuman tradisional.

"Minuman tradisional nggak kalah enak dengan minuman kekinian. Selain agar disukai anak muda, padu padan bahan alami tentunya juga membuat tubuh sehat dan menjaga daya tahan tubuh juga," ungkap Stephen Walla.

Sebagaimana diketahui, Kollabora Coffee Geek & Workspace, salah satu kafe tematik terbaik di Tanah Air kembali menghadirkan nuansa dan menu spesial untuk merayakan HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun ini.

Kali ini Kollabora bekerja sama dengan Jamu Iboe. Cafe yang berlokasi di Jalan Raya Kupang Indah No. 51 Surabaya tersebut mempersembahkan Seasonal Menu dengan mengambil tema Bhinneka Tunggal Ika.

Paling menarik, adalah minuman yang rasanya cukup membuat penasaran banyak orang. Kollabora menamai tiga minuman spesial ini yakni Es Soto, Es Bakso dan Es Rawon. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES