Gaya Hidup

Persiapan Sebelum Naik Gunung: Tata Cara, Norma-Norma, Hingga Tips Pendakian

Kamis, 24 Agustus 2023 - 03:32 | 133.64k
Suasana puncak Mt. Lorokan, Mojokerto, Rabu (23/8/2023) (Foto: Fahmi/TIMES Indonesia)
Suasana puncak Mt. Lorokan, Mojokerto, Rabu (23/8/2023) (Foto: Fahmi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MOJOKERTO – Sebelum berangkat naik gunung, ada sejumlah tata cara, norma dan tips penting yang perlu anda ketahui agar pengalaman pendakian anda aman dan menyenangkan.

Pendakian gunung adalah aktivitas yang menantang dan seru, namun membutuhkan persiapan yang matang. Sebelum memulai petualangan anda, penting untuk memahami tata cara, norma-norma dan tips-tips untuk menjaga keselamatan dan keberlanjutan alam.

Mengenal Tata Cara Pendakian Gunung

Tata cara pendakian gunung meliputi proses perencanaan, persiapan, dan pelaksanaan. Anda harus memiliki izin resmi dari pihak berwenang sebelum mendaki gunung. 

Selain itu, setiap pendaki harus mengisi formulir data diri dan melewati pos pemeriksaan untuk memastikan keberadaan dan keamanannya.

Menghormati Norma-Norma dalam Pendakian Gunung

Norma pendakian gunung mencakup segala aturan yang harus dihormati demi keseimbangan alam dan keselamatan pendaki.

Diantaranya adalah etika 'Leave No Trace' yang menghimbau pendaki untuk tidak meninggalkan sampah, menghormati satwa liar, dan merusak vegetasi. 

puncak-Mt-Lorokan-Mojokerto-a.jpgSalah satu pendaki gunung saat menikmati suasana puncak Mt. Lorokan, Mojokerto, Rabu (23/8/2023) (Foto: Fahmi/TIMES Indonesia)

Selain itu, menghormati atau tidak mengganggu area yang dianggap suci oleh komunitas lokal juga termasuk dalam norma pendakian.

Tips Penting Sebelum Naik Gunung

Persiapkan fisik diri dengan latihan rutin menjelang pendakian. Kenali cuaca dan kondisi gunung yang akan didaki. Pastikan perlengkapan yang dibawa lengkap dan sesuai dengan kebutuhan.

Biasakan diri dengan peta dan navigasi area yang akan didaki. Bawa persediaan makanan dan air yang cukup. Perhatikan kondisi kesehatan dan pastikan imun tetap terjaga.

Selalu prioritaskan keselamatan di atas segalanya. Dengan mematuhi tata cara dan norma-norma pendakian serta mengikuti mengikuti tips-tips ini, Anda akan siap untuk menikmati pengalaman mendaki gunung yang aman dan menyenangkan.

Demikian sejumlah tata cara, norma, dan tips penting yang perlu anda ketahui agar pengalaman pendakian anda aman dan menyenangkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES