Gaya Hidup

Sayembara Desain Batik Haji Indonesia, Kemenag Undang Desainer dan Perancang Busana

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 14:18 | 154.18k
Pamflet Sayembara Desain Batik Haji Indonesia. (FOTO: Kemenag)
Pamflet Sayembara Desain Batik Haji Indonesia. (FOTO: Kemenag)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag RI) melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) menggelar Sayembara Desain Batik Haji Indonesia. Acara ini dibuka untuk desainer dan perancang busana dari seluruh Indonesia.

Dirjen PHU, Hilman Latief, menjelaskan bahwa motif batik resmi untuk jemaah Haji Indonesia telah digunakan sejak 2011. Inisiatif ini bertujuan untuk memperkenalkan motif baru yang inovatif dan mencerminkan kultur serta identitas Indonesia. 

"Sayembara ini juga membuka pintu untuk partisipasi publik dalam merancang batik pakaian jemaah Haji Indonesia," katanya, Sabtu (26/8/2023). 

Hilman menambahkan, pendaftaran untuk Sayembara Desain Batik Haji Indonesia diadakan secara online melalui aplikasi Pusaka Kemenag. Aplikasi ini dapat diunduh melalui playstore, appstore, atau pusaka.kemenag.go.id. Pendaftaran dibuka mulai hari ini hingga 5 September 2023 pukul 16.00 WIB.

Pemenang sayembara akan diumumkan pada 2 Oktober 2023, bertepatan dengan Hari Batik Nasional, dan motif batik baru diharapkan dapat digunakan pada musim haji 1445 H/2024 M mendatang. 

"Dewan juri yang berpengalaman akan terlibat untuk menilai karya peserta," jelasnya. 

Sayembara-Desain-Batik-2.jpgDewan juri Sayembara Desain Batik Haji Indonesia. (FOTO: Kemenag)

Sementara itu, Direktur Layanan Haji dalam Negeri Saiful Mujab memaparkan prosedur pendaftaran. Peserta diminta untuk mengunggah semua dokumen yang diperlukan dalam format PDF atau JPG, termasuk konsep desain batik.

Seleksi administratif akan dilakukan sebelum masuk tahap penjurian. Tahap penjurian terdiri dari dua bagian. Tahap pertama untuk menyeleksi konsep desain dan memilih 10 finalis. Tahap kedua untuk memilih satu pemenang utama dan sembilan finalis lainnya.

"Semua finalis diminta untuk mewujudkan konsep mereka dalam bentuk busana batik yang meliputi pakaian pria dan wanita, menggunakan bahan katun terbaik," pungkas Saiful.

Kemenag menjembatani tradisi dan inovasi dengan menggelar Sayembara Desain Batik Haji Indonesia. Acara ini memberi peluang kepada semua desainer dan perancang busana untuk menunjukkan kreativitas mereka dalam memperbarui desain batik Haji Indonesia. (d)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES