Gaya Hidup

8 Oleh-oleh Khas Aceh yang Paling Populer, Ada Rencong Mini

Senin, 28 Agustus 2023 - 01:18 | 121.96k
Masjid Raya Baiturrahman salah satu tempat ikonik di kota Aceh. (Foto: Azmilumry/Freepik)
Masjid Raya Baiturrahman salah satu tempat ikonik di kota Aceh. (Foto: Azmilumry/Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTAAceh, provinsi yang terletak di ujung barat Indonesia, bukan hanya terkenal karena keindahan alamnya yang menakjubkan, tetapi juga karena kekayaan budaya dan kuliner yang memukau. Ketika anda mengunjungi tempat ini, ada satu hal yang pasti tidak boleh dilewatkan yakni oleh-oleh khas Aceh yang menawarkan kelezatan dan keunikan tersendiri.

Dalam artikel ini, kami akan membawa anda dalam perjalanan rasa melalui oleh-oleh paling populer dari wilayah Indonesia paling Barat tersebut. Beberapa oleh-oleh khas asal daerah tari Saman ini mulai dari kopi gayo hingga rencong mini yang ikonik akan dikupas secara tuntas.

8 Oleh-oleh Khas Aceh

1. Kopi Gayo

Bagi pecinta kopi, kopi Gayo bisa menjadi pilihan menggoda. Kopi Gayo merupakan salah satu kopi terbaik di Indonesia. Dikenal dengan cita rasanya yang khas, kopi Gayo memiliki sentuhan karamel, cokelat, dan rempah-rempah yang membuatnya begitu istimewa. Anda dapat membawa pulang biji kopi Gayo berkualitas tinggi atau kopi bubuk yang siap seduh sebagai oleh-oleh yang sempurna.

2. Telur Ayam Asin

JIka umumnya telur asin terbuat dari telur bebek, maka lain halnya dengan tellur asin ala kota Serambi Mekkah. Telur asin di wilayah ini terbuat dari telur ayam. Telur ayam asin yang diolah dengan resep tradisional Aceh menghasilkan rasa yang gurih dan nikmat. Biasanya, telur asin disajikan dalam kemasan yang cantik, membuatnya menjadi hadiah yang sempurna untuk keluarga dan teman-teman di rumah.

3. Batik Aceh

Batik Aceh adalah kain batik yang indah dan sarat makna. Motif dan warna yang khas membuatnya menjadi oleh-oleh yang sangat dihargai. Anda dapat menemukan berbagai produk batik Aceh, mulai dari kain hingga pakaian dan aksesori yang unik.

4. Rendang Aceh

Rendang adalah hidangan ikonik Indonesia yang juga memiliki varian khas Aceh. Rendang Aceh biasanya lebih pedas dan memiliki aroma rempah-rempah yang khas. Anda dapat membawa pulang rendang Aceh dalam kemasan kering yang tahan lama atau mencari restoran lokal yang menyediakannya dalam kemasan siap makan.

5. Madu Lampuuk

Wilayah ini juga terkenal dengan madu berkualitas tinggi. Madu Lampuuk adalah oleh-oleh yang sempurna bagi pecinta makanan sehat. Dengan rasa madu yang lezat dan khas serta khasiatnya, madu Lampuuk adalah oleh-oleh yang berharga dari Aceh.

6. Pisang Sale

Pisang sale adalah camilan manis yang terbuat dari pisang yang diolah menjadi lempeng, kemudian digoreng hingga renyah. Camilan ini biasanya disajikan dalam kemasan yang praktis dan cocok sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

7. Rencong Mini

Rencong adalah senjata tradisional Aceh yang memiliki bentuk yang unik. Saat ini, rencong mini yang diukir dengan indah menjadi oleh-oleh yang sangat dicari. Rencong mini adalah simbol kekuatan dan keindahan seni ukir lokal yang bisa Anda bawa pulang sebagai kenang-kenangan yang istimewa.

8. Timpan Aceh

Timpan adalah makanan tradisional Aceh yang terbuat dari tepung beras dan santan kelapa. Rasanya manis, gurih, dan memiliki tekstur yang lembut. Timpan sering dihidangkan dalam berbagai acara istimewa dan merupakan oleh-oleh yang sempurna untuk mencicipi kekayaan kuliner Aceh.

Aceh adalah surga bagi para pecinta kuliner dan oleh-oleh khas. Saat Anda mengunjungi provinsi ini, pastikan untuk membawa pulang beberapa oleh-oleh ini sebagai kenang-kenangan dari perjalanan. Dari kopi hingga batik yang indah, Aceh memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada para wisatawan rasa dan budaya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES