Gaya Hidup

Keunikan dan Pesona Batu Akik Maluku Utara

Kamis, 31 Agustus 2023 - 00:04 | 530.68k
Ilustrasi - Batu akik Bacan Maluku Utara (FOTO: maxmanroecom)
Ilustrasi - Batu akik Bacan Maluku Utara (FOTO: maxmanroecom)

TIMESINDONESIA, PULAU MORITAI – Provinsi Maluku Utara lebih dikenal karena keindahan alamnya. Namun, ada satu hal lagi yang mungkin belum banyak diketahui, yaitu keunikan batu akik yang ada di sana.

Batu akik di Maluku Utara memiliki keunikan dan estetika yang menakjubkan. Motif dan corak yang dihasilkan dari batu akik Maluku Utara sangat beragam dan unik, membuat pecinta batu akik terpesona dan terkesan. Dari warna yang memikat hingga tekstur yang memanjakan mata, setiap batu akik di Maluku Utara memiliki cerita sendiri.

Penduduk lokal telah lama menjadikan batu akik sebagai salah satu sumber mata pencaharian. Bahkan, seiring berkembangnya teknologi dan informasi, batu akik Maluku Utara semakin dikenal dan diminati oleh para pecinta batu mulia.

Batu akik khas Maluku Utara

Keberagaman jenis batu akik di Maluku Utara juga cukup mencengangkan. Dari jenis-jenis batu akik populer seperti Bacan, Chalcedony, sampai jenis yang lebih langka seperti batu akik Lavender, semuanya dapat ditemukan di tanah eksotis ini.

1. Batu Akik Bacan.

Batu akik ini sangat populer dan diakui keindahannya oleh para kolektor batu akik. Batu Bacan memiliki berbagai variasi dan jenis seperti Bacan Doko dan Bacan Palamea. Keistimewaannya terletak pada warna hijau toska hingga kebiruan yang dapat berubah-ubah dan sering disebut "Bacan Obesitas". Selain itu, tekstur batunya yang solid dan keras menjadi daya tarik tersendiri.

2. Batu Akik Lavender.

Batu akik ini dinamai berdasarkan warnanya yang mirip dengan bunga lavender. Keistimewaannya terletak pada untaian warna ungu dan putih yang terekstraksi secara alami membentuk motif yang menawan.

3. Batu Akik Chalcedony.

Batu akik ini sangat digemari oleh para kolektor batu mulia karena memiliki ciri khas berupa warna transparan yang indah pada permukaannya. Keistimewaan batu ini terletak pada keindahan warna transparan dan semburat warna lainnya yang membentuk motif indah.

Meski batu akik kurang populer dibandingkan perhiasan lainnya, batu akik memegang peranan penting dalam budaya Maluku Utara.

Batu-batu mulia ini bukan hanya simbol kekayaan, namun juga keunikan dan keberagaman budaya setempat. Warna dan tekstur batu menandai keberagaman etnis dan adat istiadat yang ada. Mampu mengeksplor semua itu adalah sebuah kehormatan dan petualangan bagi setiap penggemar batu akik.

Untuk kamu yang sedang mencari batu akik unik dan bernilai, Maluku Utara bisa menjadi tujuan berikutnya. Bukti bahwa Indonesia memiliki kekayaan batu akik yang belum sepenuhnya dipahami dan diapresiasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES