Gaya Hidup

Frase-Frase Bahasa Inggris yang Mengandung Nama Hewan, Ikan Paling Banyak!

Minggu, 03 September 2023 - 17:53 | 114.89k
Seorang gadis sedang tekun belajar bahasa inggris. (Foto: wayhomestudio/Freepik)
Seorang gadis sedang tekun belajar bahasa inggris. (Foto: wayhomestudio/Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTABahasa Inggris merupakan bahasa yang kaya akan ekspresi idiomatik yang sering kali melibatkan hewan dalam frase-frasenya. Salah satu contoh paling terkenal adalah butterflies in my stomach yang merujuk pada perasaan gugup atau cemas sebelum melakukan sesuatu.

"Saat pelajar di suruh maju ke depan atau ke atas panggung untuk berpidato, ato mungkin gugup karena akan bertemu gebetan frase ini boleh digunakan," ungkap Ai Mulyani Az-zahra, M.Pd dosen PKPBI UIN Malang menjelaskan tentang penggunaan frase butterflies in my stomach. 

Namun, dalam bahasa Inggris terdapat berbagai frase lain yang juga melibatkan hewan dan memiliki makna unik. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa frase bahasa Inggris yang menarik yang mengaitkan hewan dengan berbagai situasi.

Frase-frase Bahasa Inggris yang Melibatkan Hewan

1. Hold Your Horses (Tahan Kuda-kuda Anda)

Frase ini digunakan untuk meminta seseorang untuk bersabar atau menunggu sebelum mengambil tindakan. Frase ini berasal dari dunia berkuda di mana menahan kuda adalah tindakan penting sebelum balapan atau aksi lainnya.

2. Let the Cat Out of the Bag (Biarkan Kucing Keluar dari Tas)

Frase ini berarti mengungkapkan rahasia atau informasi yang seharusnya tetap rahasia. Frase ini merujuk pada praktik abad pertengahan di mana seseorang bisa menjual kucing palsu yang disimpan dalam tas sebagai babi yang sebenarnya.

3. The Elephant in the Room (Gajah dalam Ruangan)

Frase ini merujuk pada masalah besar atau topik yang penting tetapi sering diabaikan atau dihindari dalam percakapan. Seperti gajah yang berada di ruangan, masalah ini sangat jelas tetapi sering diabaikan.

4. Kill Two Birds with One Stone (Membunuh Dua Burung dengan Satu Batu)

Frase ini digunakan untuk menggambarkan tindakan yang efisien, di mana seseorang mencapai dua tujuan sekaligus dengan satu tindakan. Frase ini memang menggambarkan aksi yang efisien, meskipun tidak seharusnya diartikan secara harfiah.

5. Like a Fish Out of Water (Seperti Ikan di Luar Air)

Frase ini digunakan untuk menggambarkan seseorang yang merasa sangat tidak nyaman atau tidak terbiasa dengan situasi atau lingkungan tertentu. Ikan yang berada di luar air tentu saja akan merasa tidak nyaman.

6. Busy as a Bee (Sibuk Seperti Lebah)

Frase ini merujuk pada seseorang yang sangat sibuk dan produktif. Lebah dikenal sebagai hewan yang bekerja keras dan rajin mengumpulkan nektar.

7. Let Sleeping Dogs Lie (Biarkan Anjing Tidur)

Frase ini mengingatkan kita untuk tidak menggoyahkan situasi yang mungkin menimbulkan masalah jika diungkit kembali. Sama seperti membiarkan anjing yang sedang tidur agar tidak terbangun dan marah.

8. A Bird in the Hand is Worth Two in the Bush (Burung dalam Genggaman Lebih Berharga daripada Dua di Semak)

Frase ini menekankan pentingnya menghargai apa yang kita miliki saat ini daripada mencari yang lebih besar tetapi mungkin tidak dapat kita dapatkan. Frase ini mengacu pada kebiasaan berburu burung dengan mencoba mendapatkan lebih banyak di semak.

9. The Cat's Out of the Bag (Kucing Keluar dari Tas)

Meskipun mirip dengan "Let the Cat Out of the Bag," frase ini mengacu pada saat rahasia atau informasi rahasia sudah terungkap. Situasinya seperti kucing yang tidak dapat lagi disembunyikan dalam tas.

10. A Fishy Situation (Situasi yang Mencurigakan)

Frase ini digunakan untuk menggambarkan situasi yang tampak tidak benar atau mencurigakan. Ikan dalam frase ini mewakili sesuatu yang tidak konsisten atau mencurigakan.

Frase-frase ini adalah contoh bagaimana bahasa Inggris menggunakan hewan untuk menggambarkan berbagai situasi dan makna. Ini juga mencerminkan bagaimana bahasa dapat hidup dan kreatif dalam mengungkapkan pikiran dan perasaan. Jika Anda belajar bahasa Inggris, memahami frase-frase semacam ini dapat membantu Anda dalam berkomunikasi dengan lebih efektif dan dengan pemahaman yang lebih mendalam.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES