Gaya Hidup

Wawan Wood, Kreator Kayu asal Kota Madiun Sulap Limbah jadi Produk Bernilai Jual Tinggi

Rabu, 06 September 2023 - 14:11 | 126.25k
Wawan Wood menunjukkan karya yang terbuat dari limbah kayu dan bernilai jual tinggi. (Foto: Dani AS for TIMES Indonesia)
Wawan Wood menunjukkan karya yang terbuat dari limbah kayu dan bernilai jual tinggi. (Foto: Dani AS for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUNWawan Wood, kreator kayu yang juga seorang designer interior exterior dan kontraktor asal Kota Madiun membuat inovasi. Yakni, menggunakan limbah industri kayu dijadikan karya seni bernilai tinggi.  

Karya itu berupa packaging parcel Lebaran atau Natalan, mozaik panel pintu, kaca mata, cover handphone dan rokok, korek, botol minyak wangi, minyak zaitun, gantungan kunci dan masih banyak lagi karya Wawan Wood.

Kepada TIMES Indonesia, Rabu (6/9/2024), Wawan Wood mengatakan membuat kerajinan tangan atau karya seni tidak harus berbahan baku kayu mahal dan susah dicari. Tetapi bisa menggunakan limbah industri perajin kayu atau mebel furniture biasa yang mudah dijumpai. 

Wawan-Wood-b.jpg

"Limbah industri perajin kayu yang tadinya tidak bernilai, digunakan untuk kayu bakar di pabrik tahu, tempe dan lainnya. Tapi ternyata bisa menjadi barang berharga dan bernilai tinggi jika bisa mengolahnya dengan sentuhan kreativitas," ujarnya. 

Wawan Wood, kreator kayu asal Kota Madiun melanjutkan, dirinya sering memproduksi furniture berbahan baku kayu solid berkualitas seperti pintu kusen, lemari, cabinet workdrop, meja serta fashad. Akan tetapi ada permasalahan untuk pembuangan limbahnya. Berawal dari situlah, terpikir bagaimana cara membuat limbah industri kayu menjadi barang bernilai tinggi sehingga semua bisa dimanfaatkan. 

"Butuh ketelatenan, ketekunan, ketelitian, kesabaran, kreativitas dan desain yang banyak diminati masyarakat. Saya mencoba untuk membuat kerajinan tangan atau karya seni dengan tidak harus berbahan baku yang mahal dan susah dicari, tapi bisa menggunakan limbah industri perajin kayu atau mebel furniture," jelas Wawan Wood, kreator kayu asal Kota Madiun.

Pun, dengan memanfaatkan limbah perajin kayu yang tadinya tidak bernilai disulap menjadi kerajinan bernilai tinggi, diharapkan sampah kayu tidak lagi digunakan sebagai kayu bakar untuk industri pabrik saja, tetapi bisa dijadikan kerajinan unik nan istimewa dan berharga mahal.

Karya kreator kayu asal Kota Madiun, Wawan Wood, dijual mulai Rp40 ribu hingga Rp400 ribu. Harga bergantung pada jenis kayu, ukuran serta tingkat kesulitan desain pada laser.  

Saat ini, penjualan karya kreator kayu Wawan Wood, lebih banyak diminati pembeli asal area Jabodetabek dan Bandung. Tapi, kota lain seperti Malang, Yogyakarta dan Bali, sudah ada pemesanan meski belum sebanyak Jakarta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES