Gaya Hidup

Nama Ruangan Pesawat dalam Bahasa Inggris, Mana yang Pernah Kamu Masuki?

Kamis, 14 September 2023 - 02:13 | 227.60k
Sebuah keluarga melakukan perjalanan menggunakan pesawat. (Foto: yaroslav-astakhov/Freepik)
Sebuah keluarga melakukan perjalanan menggunakan pesawat. (Foto: yaroslav-astakhov/Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPesawat adalah salah satu hasil inovasi manusia yang paling spektakuler. Di dalamnya terdapat berbagai ruangan dan kompartemen yang dirancang dengan baik untuk memenuhi berbagai kebutuhan selama penerbangan. Namun, nama dan artinya dalam bahasa Inggris sedikit berbeda jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia. 

Ruangan dalam pesawat memiliki beragam fungsi penting yang mendukung keamanan, kenyamanan, dan kelancaran penerbangan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai nama ruangan dan kompartemen di dalam pesawat beserta fungsinya.

1. Cockpit (Kokpit)

Cockpit adalah ruangan di depan pesawat di mana pilot dan kopilot duduk. Ini adalah pusat kendali pesawat, tempat berbagai instrumen navigasi dan kontrol penerbangan berada. Pilot mengendalikan pesawat dari sini.

2. Cabin (Kabin)

Kabin adalah ruangan yang mencakup semua tempat duduk penumpang. Kabin ini juga dapat memiliki berbagai konfigurasi tergantung pada jenis pesawatnya, seperti kelas ekonomi, bisnis, dan kelas satu. Di dalam kabin, penumpang dapat duduk, bersantai, dan menikmati layanan selama penerbangan.

3. Galley (Dapur Pesawat)

Galley adalah ruangan tempat awak kabin mempersiapkan makanan dan minuman untuk penumpang. Ini adalah tempat di mana makanan dipanaskan, disiapkan, dan diatur sebelum disajikan kepada penumpang. Galley juga berisi stok makanan dan minuman untuk penerbangan.

4. Lavatory (Toilet)

Lavatory adalah kamar mandi di dalam pesawat. Ini adalah tempat di mana penumpang dan awak pesawat dapat melakukan kebutuhan pribadi. Lavatory di pesawat sering memiliki ukuran yang lebih kecil daripada kamar mandi biasa, tetapi mereka tetap nyaman dan fungsional.

5. Overhead Compartment (Kompartemen Atas)

Overhead compartment adalah kompartemen penyimpanan di atas kepala penumpang di dalam kabin pesawat. Ini adalah tempat di mana penumpang dapat menyimpan tas tangan, mantel, dan barang bawaan lainnya selama penerbangan. Kompartemen atas biasanya dilengkapi dengan pintu agar barang-barang tersebut tetap aman selama penerbangan.

6. Cargo Hold (Ruang Kargo)

Cargo hold adalah ruang penyimpanan besar di bawah kabin penumpang yang digunakan untuk mengangkut kargo dan bagasi. Ini adalah tempat di mana koper, barang komersial, dan kargo lainnya dimuat. Cargo hold biasanya memiliki akses melalui pintu di bagian bawah pesawat.

7. Aisle (Gang)

Aisle adalah lorong yang menghubungkan tempat duduk di dalam kabin. Ini memungkinkan penumpang dan awak kabin untuk bergerak di sepanjang kabin selama penerbangan. Aisle juga digunakan untuk mengakses lavatory dan galley.

8. Emergency Exit (Pintu Darurat)

Pintu darurat adalah pintu khusus yang dirancang untuk digunakan dalam situasi darurat. Pintu-pintu ini memiliki tanda khusus dan bisa digunakan untuk evakuasi cepat jika diperlukan.

9. Crew Rest Area (Area Istirahat Awak Pesawat)

Area istirahat awak pesawat adalah ruangan khusus di dalam pesawat di mana awak pesawat dapat beristirahat selama penerbangan panjang. Ini dilengkapi dengan tempat tidur, kursi, dan fasilitas lainnya untuk kenyamanan awak pesawat.

10. Bulkhead (Partisi)

Bulkhead adalah dinding atau partisi yang memisahkan berbagai bagian dalam pesawat. Ini juga sering digunakan untuk memisahkan kelas-kelas yang berbeda di dalam kabin. Biasanya, bulkhead memiliki layar video dan digunakan untuk menampilkan film atau informasi selama penerbangan.

Dengan memahami berbagai nama ruangan dan kompartemen di dalam pesawat baik dalam bahasa Inggris ataupun Indonesia, kita dapat lebih menghargai kompleksitas dan kenyamanan yang ditawarkan oleh pesawat komersial. Setiap kompartemen ini memiliki peran penting dalam memastikan penerbangan yang aman dan nyaman bagi penumpang dan awak pesawat.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES