Gaya Hidup

Jangan Asal! Ini Tips Aman Hindari Developer Perumahan Bodong

Rabu, 27 September 2023 - 12:07 | 89.05k
Gambar ilustrasi perumahan. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Gambar ilustrasi perumahan. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Impian memiliki rumah sendiri adalah dambaan bagi banyak keluarga. Khususnya, perumahan subsidi dengan uang muka terjangkau dan angsuran yang ekonomis telah menjadi incaran utama masyarakat. Namun, untuk memiliki rumah impian, masyarakat perlu berhati-hati agar tidak terjebak oleh developer perumahan bodong yang dapat merugikan.

Para developer perumahan nakal atau ilegal seringkali beroperasi tanpa izin yang sesuai, mengabaikan standar keselamatan, dan mengorbankan kualitas bangunan. Dampaknya bukan hanya kerugian finansial, tetapi juga risiko terhadap keselamatan penghuni.

Untuk membantu masyarakat menghindari risiko ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Cipta Karya Perumahan dan Permukiman (Dinas PUCKPP) Banyuwangi memberikan beberapa tips penting.

Plt Kepala Dinas PUCKPP Banyuwangi, Dr. Suyanto Waspo Tondo Wicaksono MSi, melalui Kepala Bidang Perumahan dan Permukiman, Edi Purnomo, menyarankan agar masyarakat selalu memeriksa izin dan legalitas perumahan yang akan mereka beli. Mereka dapat menanyakan kepada pengembang tentang site plan resmi dari Dinas PUCKPP Banyuwangi dan memastikan bahwa ada papan perizinan site plan.

Menurut Edi Purnomo, site plan memiliki peran penting dalam memastikan legalitas suatu perumahan. Dengan melihat site plan, masyarakat dapat memastikan bahwa perumahan tersebut telah mendapatkan izin resmi dari Dinas PUCKPP Banyuwangi.

"Yang terpenting, site plan harus disahkan oleh Dinas PUCKPP dan dipegang oleh pengembang untuk diajukan ke Badan Pertanahan Nasional (BPN)," katanya, Rabu (27/9/2023).

Dinas PUCKPP Banyuwangi menggarisbawahi pentingnya kewaspadaan dan kehati-hatian dalam investasi properti. Masyarakat dihimbau untuk selalu berpikir dua kali sebelum terlibat dalam proyek perumahan dan memberikan prioritas pada legalitas dan kualitas bangunan.

Dalam membeli rumah atau properti, kehati-hatian adalah kunci untuk menghindari kerugian dan risiko keselamatan. Dengan mengikuti tips dari Dinas PUCKPP Banyuwangi, diharapkan masyarakat dapat memilih perumahan yang aman dan sesuai dengan harapan mereka. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES