Gaya Hidup

Rekomendasi Minuman Segar dan Sehat saat Cuaca Terik

Rabu, 11 Oktober 2023 - 13:01 | 88.34k
ilustrasi jus buah. FOTO: jakartanotebook
ilustrasi jus buah. FOTO: jakartanotebook

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Indonesia tengah dilanda panas terik yang menyengat. Minuman segar menjadi pilihan untuk melepaskan dahaga. 

Namun nyatanya banyak yang salah memilih minuman. Alih-alih menyegarkan beberapa jenis minuman nyatanya membuat tubuh lemas dan semakin haus. Seperti minuman yang terlalu manis atau berbahan kopi, teh dan turunannya termauk minuman kekinian lainnya.

Minuman tersebut memang segar dinikmati namun anda akan merasa lebih haus dan berpotensi dehidrasi.

Berikut beberapa jenis minuman segar dan sehat untuk dinikmati saat cuaca panas

Kelapa muda

kelapa-muda.jpg

Minuman segar ini mengandung elektrolit yang mampu mencegah dehidrasi. Pilihlah kelapa muda murni supaya lebih sehat. Anda boleh menambahkan es batu pada kelapa muda.

Minum kelapa muda saat cuaca terik dapat mengembalikan energi tubuh yang telah hilang. kelapa muda juga mengandung kalsium zat besi dan lainnya. Kelapa muda atau degan juga mengandung ekektrolit yang dapat mengganti cairan tubuh yang hilang.

Selain menjaga tubuh dari dehidrasi kenapa muda juga dapat menjaga fungsi organ tubuh. sebab air kelapa muda mengandung asam amino yang mampu mengatasi stress tubuh.

Jus buah

Minuman selanjutnya yang dapat dinikmati saat cuaca terik adalah jus buah. Pilihlah buah yang mengandung banyak air seperti semangka jeruk melon dan lainnya.

Agar lebih sehat, usahakan hanya jus murni ya tanpa tambahan gula dan susu. Rasa manis dari gula justru akan membuat tenggorokan semakin haus. Jus buah murni dapat menjaga kesehatan tubuh secara optimal. Seperti makan buah, jus juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Rajin konsumsi jus buah akan membantu meningkatkan kesehatan tubuh sekaligus menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Air lemon

perasan air lemon sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi saat cuaca terik. Jangan khawatir akan rasanya yang asam, Anda dapat menambahkan madu dan daun mint supaya lebih enak. Tambahkan pula es batu agar lebih segar.

Air lemon mengandung vitamin c yang tinggi sehingga dapat menjaga tubuh tetap fit meski saat cuaca terik. Apalagi jika sudah ditambahkan madu yang kaya akan antioksidan membuat daya tahan tubuh oke.

Air sari tebu

sari-tebu.jpg

Meski sama-sama manis, namun air sari tebu berbeda dengan minuman yang ditambahkan gula. Air tebu berasal dari batang tebu yang diperas. Jadi air manis yang dihasilkan murni.

air tebu murni tidak memiliki kandungan lemak kolesterol dan protein tapi mengandung natrium kalium kalsium magnesium dan zat besi yang penting untuk tubuh. konsumsi air Sari tebu menjadi suntikan energi paling instan untuk tubuh. 

Manfaat air Sari tebu yang jarang diketahui adalah dapat menjaga kesehatan ginjal melawan kanker dan memperbaiki sistem pencernaan.

Minuman isotonik

Melanjutnya ada minuman isotonik yang dapat anda konsumsi pada saat cuaca panas. minuman ini dapat segera mengganti cairan tubuh yang hilang karena panas. Anda dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan minuman isotonik dingin.

Disarankan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi isotonik dalam satu hari. karena bagaimanapun minuman produksi pabrik itu telah dicampur berbagai bahan lainnya. 

Cuaca sedang terik-triknya jadi jangan lupa untuk mencukupi cairan tubuh dengan minuman segar dan sehat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES