Gaya Hidup

Cara Mengatasi Rambut Rontok: Tips Mahkota Wanita Kuat dan Sehat

Kamis, 12 Oktober 2023 - 05:12 | 78.48k
Ilustrasi: Rambut rontok meninggalkan kebotaan kecil. (Foto: Freepik)
Ilustrasi: Rambut rontok meninggalkan kebotaan kecil. (Foto: Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Rambut sering disebut sebagai mahkota waniita. Memiliki kilauan sehat tentunya menjadi dambaan setiap orang. Namun bagaimana jjika rambut rontok terjadi pada kita?

Rambut rontok adalah masalah umum yang bisa memengaruhi siapa pun, baik pria maupun wanita. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk faktor genetik, perubahan hormon, stres, pola makan yang buruk, dan perawatan rambut yang tidak tepat.

Untungnya, ada beberapa langkah yang dapat anda ambil untuk mengatasi rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut yang lebih sehat. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu.

1. Perawatan Rambut yang Lemah Lembut

Gunakan sampo dan kondisioner yang cocok untuk jenis rambut. Hindari produk yang mengandung bahan kimia keras, seperti sulfat, yang dapat merusak rambut dan kulit kepala.

2. Gizi yang Seimbang

Pastikan anda mendapatkan nutrisi yang cukup dengan pola makan yang seimbang. Protein, vitamin, dan mineral seperti zat besi, vitamin D, dan biotin sangat penting untuk kesehatan rambut. Pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen jika kekurangan nutrisi tertentu.

3. Hindari Panas Berlebih

Alat penataan panas seperti pengering rambut, catokan, dan alat pengeriting bisa merusak rambut jika digunakan terlalu sering. Jika memungkinkan, biarkan rambut kering secara alami atau gunakan suhu yang rendah saat styling.

4. Mengelola Stres

Stres dapat memengaruhi pertumbuhan rambut. Cobalah teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau olahraga untuk mengurangi stres.

5. Hindari Model Rambut yang Ketat

Model rambut yang terlalu ketat seperti kuncir, ekstensi, atau kepang yang terlalu sering dapat menyebabkan rambut rontok. Berikan rambut  istirahat dengan gaya yang lebih longgar.

6. Periksa Kesehatan Medis

Jika rambut rontok parah atau berlanjut, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan seorang profesional kesehatan atau dokter kulit. Rambut rontok juga bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang lebih serius.

FDA (Food and Drug Administration) atau BPOM ala Amerika bahkan baru-baru ini menyetujui obat untuk mengatasi kerontokan rambut parah seperti Alopecia.

7. Perawatan Rambut Alami

Beberapa bahan alami seperti minyak kelapa, minyak argan, atau minyak lavender dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut. Cobalah perawatan rambut alami sesekali.

8. Hindari Produk Kimia yang Berlebihan

Pewarna rambut, bahan kimia pengatur rambut, dan produk perawatan rambut lainnya mengandung bahan kimia yang dapat merusak rambut. Gunakan produk kimia dengan bijak dan hindari penggunaan berlebihan.

Jika anda mengalami rambut rontok yang parah atau berkelanjutan, penting untuk berkonsultasi dengan seorang profesional kesehatan atau dokter kulit untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan perawatan yang sesuai.

Dengan perawatan dan perubahan pola hidup yang tepat, anda dapat membantu mengatasi rambut rontok dan menjaga rambut tetap kuat dan sehat. Ingatlah bahwa perubahan tidak akan terjadi dalam semalam, jadi bersabarlah dan terus perawatan yang baik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES