Gaya Hidup

5 Cara untuk Mengatakan "Tidak" pada Anak-anak dengan Gaya yang Positif

Jumat, 13 Oktober 2023 - 00:05 | 60.36k
Orang tua harus memahami ilmu parenting untuk menciptakan komunikasi yang baik dan efektif dengan anak.
Orang tua harus memahami ilmu parenting untuk menciptakan komunikasi yang baik dan efektif dengan anak.

TIMESINDONESIA, JAKARTAOrang tua memiliki tanggung jawab untuk memastikan kesejahteraan anak-anak mereka, dan seringkali itu berarti menolak permintaan atau keinginan mereka.

Seperti dalam segala hal, orang tua tidak selalu bisa memberikan jawaban "iya" untuk segala hal yang diminta anak-anak. Diperlukan keseimbangan yang tepat untuk pertumbuhan yang sehat.

Tentu, orang tua tidak ingin selalu menyampaikan kata "tidak" ini dengan cara yang negatif dan tegas. Oleh karena itu, mari kita pelajari cara melakukannya dengan cara yang positif.

1. Menawarkan Alternatif

Jika permintaan anak adalah untuk pergi ke "taman hiburan" dan itu tidak terlihat sesuai, orang tua bisa menyarankan atau mengusulkan tempat lain. Ide di sini adalah agar mereka dapat melakukan kegiatan lain, seperti melukis, bermain di rumah, bermain permainan papan, dll. Penting untuk menjadikan anak tetap aktif dan bahagia, bahkan jika itu berarti kita tidak bisa memenuhi permintaan mereka.

2. Menunda Rencana untuk Hari Lain

Ini hanya tentang menjelaskan bahwa orang tua tidak bisa melakukannya pada saat tertentu karena alasan tertentu, tetapi bisa dilakukan di lain waktu. Yang penting adalah menggunakan kata-kata yang tepat agar mereka bisa memahami, dan sangat penting bahwa kita benar-benar melakukan apa yang kita katakan, sehingga anak percaya kepada kita.

3. Menjelaskan Konsekuensi

Menjelaskan bahwa ada konsekuensi atas tindakan mereka adalah hal yang diperlukan. Misalnya, jika mereka merusak mainan saudara mereka atau bertengkar, berbagai hal bisa terjadi. Mereka harus memahami bahwa perilaku buruk tidak akan mendapatkan penghargaan, sebaliknya.

Mereka harus memahami perbedaan antara apa yang diterima saat mereka berperilaku baik dan saat mereka tidak berperilaku baik.

4. Penting untuk Menjelaskan Aturan di Rumah

Penting untuk tidak hanya menunggu hal-hal terjadi. Disarankan untuk menjelaskan dan menjelaskan aturan di rumah, dan kemudian mereka bisa membuat keputusan. Mereka harus tahu bahwa mereka tidak boleh mengonsumsi makanan tak sehat, menonton televisi terlalu banyak, atau menggunakan perangkat secara berlebihan, dll.

Anak-anak sangat cerdas dan tahu bahwa mengikuti aturan di rumah adalah yang terbaik, dan mereka juga bisa mendapatkan penghargaan atas perilaku baik mereka.

5. Menggunakan Humor Positif

Orang tua semua tahu bahwa dalam berbagai aspek kehidupan, saat sesuatu dikatakan dengan suasana hati yang baik, hasilnya jauh lebih baik daripada jika kita melakukannya atau mengatakannya dengan cara yang negatif.
Hal yang sama berlaku dalam mendidik anak-anak. Jika orang tua menggunakan humor positif maka semuanya bisa dipelajari dan diperbaiki. Sebenarnya, semua masalah akan menjadi lebih ringan, dan semuanya bisa diatasi.

Orang tua bisa mempelajari dan mengikuti rekomendasi dan tips parenting ini untuk mendapatkan hasil terbaik dalam mendidik anak-anak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES