Gaya Hidup

Ini Rekomendasi Bahan Aktif Skincare untuk Perlindungan Kulit di Cuaca Panas Ekstrem

Jumat, 13 Oktober 2023 - 13:00 | 43.32k
Pengaplikasian Serum, produk skincare yang mengandung bahan aktif dengan konsentrasi paling tinggi. (Foto: freepik)
Pengaplikasian Serum, produk skincare yang mengandung bahan aktif dengan konsentrasi paling tinggi. (Foto: freepik)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Musim panas seringkali datang dengan tantangan bagi kesehatan kulit. Paparan sinar matahari yang intens dan suhu panas dapat menyebabkan masalah seperti dehidrasi, hiperpigmentasi, jerawat, dan kerusakan kulit. Oleh karena itu, penting untuk memilih bahan aktif skincare yang tepat untuk merawat kulit selama musim panas.

Berikut adalah beberapa bahan aktif yang cocok untuk perlindangan pada saat musim panas dan dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan terlindungi:

1. Asam Hialuronat

Bagi kamu yang merasa bahwa kulitmu menjadi lebih kering saat musim panas, penting untuk mencari bahan-bahan aktif skincare yang dapat membantu menjaga kelembaban kulitmu. Salah satu bahan yang sangat efektif dan sering direkomendasikan untuk situasi ini adalah asam hialuronat.

Asam hialuronat adalah salah satu bahan ajaib dalam dunia perawatan. Keajaibannya terletak pada kemampuannya untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Bahan ini bekerja dengan cara menarik kelembaban ke kulit dan kemudian mempertahankannya di sana, sehingga menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, terutama saat cuaca panas dan matahari bersinar terik.

Penting untuk memahami bahwa penguapan air dari kulit dapat mengakibatkan dehidrasi dan berpotensi membuat kulit tampak kusam dan kering. Ini adalah masalah yang sering dihadapi oleh banyak orang saat musim panas, terutama jika kamu tinggal di daerah dengan iklim yang panas dan kering. Dengan asam hialuronat, kamu dapat memberikan kulitmu tambahan kelembaban yang sangat dibutuhkan.

Asam hialuronat bekerja dengan cara menarik molekul air ke permukaan kulit dan mengikatnya, menciptakan lapisan pelindung yang membantu menjaga kulit tetap lembap. Hal ini membuat kulit tampak lebih bercahaya dan terasa lebih kenyal. Selain itu, asam hialuronat juga dapat membantu mengurangi garis halus dan kerutan, yang sering kali lebih terlihat pada kulit kering.

2. Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan yang sangat kuat, dan sangat penting bagi perawatan kulit kamu terutama saat musim panas tiba. Selain menjaga kulitmu dari bahaya kerusakan akibat sinar matahari, vitamin C juga memiliki berbagai manfaat lain. Salah satunya adalah kemampuannya untuk mengurangi hiperpigmentasi dan memberikan tampilan yang lebih cerah dan merata pada kulitmu. Inilah yang membuat vitamin C menjadi salah satu tambahan yang sangat direkomendasikan untuk perawatan kulit selama musim panas.

Ketika musim panas tiba, paparan sinar matahari yang intens dapat menyebabkan kulit mengalami hiperpigmentasi, yang sering kali terlihat sebagai bintik-bintik gelap atau noda pada kulit. Vitamin C dapat membantu mengurangi penampilan hiperpigmentasi ini dengan menghambat produksi melanin yang berlebihan, pigmen yang memberikan warna pada kulit. Seiring penggunaan yang teratur, kulitmu dapat menjadi lebih merata dan tampak lebih cerah.

Selain itu, vitamin C juga membantu dalam proses perbaikan sel kulit. Ini artinya, jika kamu memiliki tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus atau kerutan, vitamin C dapat membantu merangsang produksi kolagen, yang memberikan elastisitas pada kulitmu. Hal ini bisa sangat bermanfaat terutama saat kulitmu terpapar sinar matahari yang dapat merusak kolagen dan menyebabkan tanda-tanda penuaan lebih dini.

Selama musim panas, kulitmu juga dapat mengalami stres akibat paparan sinar matahari, polusi, dan faktor-faktor lingkungan lainnya. Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang dihasilkan oleh faktor-faktor tersebut. Ini berarti, kulitmu akan lebih tahan terhadap efek buruk lingkungan, tetap terasa segar dan sehat.

3. Niacinamide 

Niacinamide adalah pilihan yang cocok untuk kulit berminyak berjerawat atau acne prone skin. Bahan ini membantu mengurangi produksi minyak berlebih dan peradangan. Selama musim panas, ketika minyak kulit cenderung meningkat, niacinamide dapat membantu menjaga keseimbangan kulit.

Paparan sinar matahari dan panas dapat merangsang kelenjar minyak kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak, yang dapat menyebabkan jerawat dan kilau berlebihan. Inilah mengapa niacinamide bisa menjadi sahabatmu.

Niacinamide, juga dikenal sebagai vitamin B3, memiliki sejumlah manfaat untuk kulit. Salah satunya adalah kemampuannya untuk mengendalikan produksi minyak berlebih. Dengan mengatur produksi minyak kulit, niacinamide membantu menjaga kulitmu dan terhindar dari kilau berlebihan yang seringkali terjadi di musim panas.

Tidak hanya itu, niacinamide juga memiliki sifat antiinflamasi yang kuat. Ini berarti bahan ini dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit, yang seringkali muncul dalam bentuk jerawat atau kemerahan akibat paparan sinar matahari. Sehingga, bukan hanya membantu mengontrol minyak berlebih, tapi juga membantu menjaga kulitmu tetap tenang dan terbebas dari masalah peradangan.

Selain mengontrol minyak dan mengurangi peradangan, niacinamide juga membantu meningkatkan kelembaban kulit. Ini bisa sangat bermanfaat selama musim panas ketika suhu panas dan sinar matahari dapat mengeringkan kulitmu. Dengan menjaga kulitmu tetap lembap, niacinamide membantu menjaga keseimbangan kulit agar terhindar dari masalah kulit yang dapat muncul akibat dehidrasi.

4. Peptida

Skincare dengan kandungan bahan aktif peptide dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Dalam musim panas, ketika kulit kamu terpapar sinar matahari, menjaga elastisitas kulit dapat menjadi prioritas utama.

Paparan berkepanjangan terhadap sinar UV dapat menyebabkan kerusakan kolagen, yang bisa mengakibatkan kehilangan elastisitas kulit.

Peptida bekerja dengan merangsang produksi kolagen, protein yang memberikan kulit elastisitas dan kekenyalan. Dengan demikian, menggunakan produk skincare yang mengandung peptida dapat membantu menjaga kulit kamu tetap kencang dan tampak lebih muda, terutama saat kulit kamu terpapar matahari selama musim panas yang panjang.

Selain itu, peptida juga dapat membantu mengurangi tampilan garis-garis halus dan kerutan, memberikan hasil yang lebih muda dan bercahaya, menjadikannya bahan aktif yang sangat berharga dalam rutinitas perawatan kulit saat musim panas.

5. Proteksi Matahari (SPF)

Yang paling penting, jangan lupakan tabir surya. Meskipun bukan bahan aktif perawatan kulit, tabir surya adalah langkah yang sangat penting dalam merawat kulit kamu saat musim panas.

Kamu wajib menggunakan tabir surya dengan SPF yang cukup untuk melindungi kulit kamu dari sinar UV berbahaya. Tabir surya adalah perisai pertahanan pertamamu melawan kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Sinar UV dapat merusak kulitmu, menyebabkan penuaan dini, hiperpigmentasi, dan bahkan risiko kanker kulit.

Ketika musim panas tiba, sinar matahari bersinar dengan lebih kuat, dan paparan sinar UVB dan UVA meningkat. Oleh karena itu, penting untuk memilih tabir surya yang memiliki SPF yang cukup tinggi, terutama jika kamu berencana untuk beraktivitas di luar ruangan dalam jangka waktu yang lama. SPF 30 atau lebih tinggi disarankan oleh para ahli perawatan kulit.

Ingatlah untuk mengaplikasikan tabir surya secara merata pada seluruh wajah dan tubuh, termasuk area yang sering terlupakan seperti leher, telinga, dan punggung tangan. Selain itu, kamu perlu mengaplikasikan ulang tabir surya setiap dua jam, terutama setelah berenang atau berkeringat.

Tabir surya adalah kunci untuk menjaga kulitmu tetap sehat dan terlindungi selama musim panas. Jadi, pastikan kamu selalu memasukkan tabir surya dalam perawatan kulitmu dan gunakan dengan konsisten setiap kali kamu berada di bawah sinar matahari.

Selain menggunakan produk skincare dengan bahan aktif yang sesuai, selalu ingat untuk mengenakan baju pelindung dan topi saat berada di luar ruangan untuk memberikan perlindungan ekstra dari efek buruk sinar matahari.

Juga, konsultasikan dengan seorang profesional perawatan kulit jika kamu memiliki kekhawatiran khusus tentang jenis kulit atau permasalahan kulit tertentu. Dengan perawatan yang tepat, kamu dapat menikmati musim panas dengan kulit yang sehat dan bercahaya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES