Gaya Hidup

4 Dampak Positif dari Kebiasaan Peluk Cium Orang Tua kepada Anak

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 05:40 | 75.14k
Kebiasaan peluk dan cium kepada anak oleh orang tua membawa efek positif pada perkembangan anak. (FOTO: freepik)
Kebiasaan peluk dan cium kepada anak oleh orang tua membawa efek positif pada perkembangan anak. (FOTO: freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Di dunia yang terus berubah dan berdampak pada kehidupan anak-anak, peran orang tua sebagai pilar pendukung perkembangan jiwa dan fisik anak semakin penting. Salah satu cara yang sangat efektif dalam memastikan perkembangan jiwa anak yang sehat adalah dengan memberikan pelukan dan ciuman dengan penuh kasih sayang. 

Secara psikologis dan emosional, ada banyak manfaat yang dapat diperoleh anak dari tindakan ini, yang pada akhirnya akan membantu mereka menjadi generasi yang lebih baik.

Pelukan cium dari orang tua menciptakan rasa damai dalam jiwa anak. Anak merasa aman dan dicintai, dan ini mengembangkan rasa percaya diri yang kuat. Saat mereka tumbuh dalam lingkungan yang penuh kasih, anak-anak merasa dihargai dan diterima oleh keluarga mereka. Ini adalah fondasi yang kokoh untuk perkembangan jiwa yang sehat.

Berikut manfaat kebiasaan peluk cium orang tua kepada anak:

1. Mengisi Tangki Kasih

Ketika orang tua memberikan pelukan dan ciuman kepada anak-anak, sebenarnya mereka sedang mengisi tangki kasih di dalam jiwa anak. Anak-anak yang memiliki tangki kasih yang selalu penuh cenderung lebih bahagia dan puas dengan diri mereka sendiri. Mereka tidak merasa perlu mencari perhatian dari lingkungan dengan cara-cara yang salah atau menyimpang.

2. Pengaruh pada Prestasi

Anak-anak dengan tangki kasih yang terisi penuh lebih mungkin mencapai prestasi yang baik. Mereka memiliki kemampuan belajar yang lebih baik, dapat beradaptasi dengan cepat dalam lingkungan sekolah, dan potensi mereka lebih mudah untuk dikembangkan.

3. Kesehatan yang Lebih Baik

Interaksi fisik yang hangat dengan orang tua tidak hanya memengaruhi perkembangan jiwa, tetapi juga kesehatan anak. Anak-anak dengan jiwa yang damai dan penuh cinta kasih memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat, dan mereka lebih tahan terhadap penyakit.

4. Kemampuan Sosial

Selain itu, anak-anak yang dibesarkan dalam lingkungan yang damai dan penuh kasih akan tumbuh menjadi individu yang menyenangkan, mudah beradaptasi di mana pun mereka pergi. Bahkan, mereka yang memiliki bakat kepemimpinan akan lebih mampu memimpin dengan efektif dalam berbagai situasi.

Ketika orang tua memberikan pelukan dan ciuman yang penuh kasih kepada anak-anak, orang tua sedang membantu mereka tumbuh dengan jiwa yang damai dan kuat. Hal ini tidak hanya berdampak positif pada perkembangan mereka secara psikologis, tetapi juga pada kesehatan, prestasi, dan kemampuan sosial mereka. Ilmu parenting yang wajib dicoba. (*)
 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES