Gaya Hidup

Ini Penyebab Rambut Kering dan Cara Mudah Mengatasinya

Senin, 16 Oktober 2023 - 02:13 | 43.67k
Gadis cantik merawat rambut kering dengan memberikn vitamin ke ujung-ujungnya. (Foto: Freepik)
Gadis cantik merawat rambut kering dengan memberikn vitamin ke ujung-ujungnya. (Foto: Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTARambut kering bisa menjadi masalah yang umum dialami oleh banyak orang, dan ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Dilansir dari Helathline, beberapa kondisi lingkungan yang dapat menyebabkan rambut menjadi kering.

Kondisi lingkungan seperti tinggal di iklim yang panas dan kering, sering terpapar sinar matahari atau angin, dan sering berenang di air yang mengandung klorin atau garam sering menjadi penyebab utama rambut kering.

Selain itu, kebiasaan merawat rambut termasuk mencuci rambut terlalu sering, menggunakan sampo, kondisioner, atau produk penata rambut yang mengandung bahan-bahan keras dapt menyebabkan munculnya kondisi ini.

Ditambah lagi jika dilakukan pewarnaan atau perlakuan kimia pada rambut. Belum lagi penggunaan alat penata rambut panas seperti pengering rambut atau catokan, serta penggunaan alat pelurus atau pengeriting elektrik.

Namun, perlu diingat bahwa dalam beberapa kasus, rambut kering dapat menjadi hasil dari masalah kesehatan yang mendasari yang memengaruhi kemampuan rambut untuk menahan kelembapan. Identifikasi penyebab utama rambut kering sanagt diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut dengan tepat.

Berikut akan dibahas lebih lanjut tentang penyebab rambut kering serta panduan tentang cara mengatasi masalah tersebut. 

Cara Mengatasi Rambut Kering

1. Pilih Produk Perawatan Rambut yang Tepat

Pilihlah sampo dan kondisioner yang dirancang khusus untuk rambut kering. Produk-produk ini mengandung bahan-bahan yang membantu melembapkan rambut. Selain itu, gunakan kondisioner setiap kali Anda keramas untuk menjaga kelembapan rambut.

2. Hindari Suhu Air Panas

Keramas menggunakan air panas dapat merusak rambut. Ketika mencuci rambut, gunakan air hangat atau bahkan lebih baik jika airnya sedikit dingin. Hindari mencuci rambut dengan air panas yang bisa membuat rambut kering lebih parah.

Selain itu, saat menggunakan alat penata rambut seperti pengering rambut atau catokan, gunakan suhu yang lebih rendah untuk mengurangi kerusakan.

3. Rutin Gunakan Masker Rambut dan Minyak Rambut

Masker rambut dan minyak rambut dapat membantu menjaga kelembapan rambut. Gunakan masker rambut sekurang-kurangnya satu kali seminggu.

Anda juga bisa menggunakan minyak rambut seperti minyak argan, minyak kelapa, atau minyak almond untuk merawat rambut kering. Oleskan minyak ini ke rambut, biarkan selama beberapa jam atau semalaman, lalu bilas.

4. Kurangi Penggunaan Produk Kimia

Produk kimia seperti pewarna rambut, catokan, atau bahan kimia pengatur rambut lainnya bisa membuat rambut lebih kering. Kurangi penggunaan produk ini atau hindari mereka sepenuhnya jika memungkinkan.

5. Perhatikan Pola Makan dan Minum Air yang Cukup

Pola makan yang sehat dan hidrasi yang baik juga penting untuk kesehatan rambut. Pastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup, terutama vitamin dan mineral yang diperlukan oleh rambut, seperti vitamin A, C, E, biotin, dan asam lemak omega-3.

6. Potong Ujung Rambut secara Berkala

Memotong ujung rambut secara berkala dapat membantu mengurangi rambut bercabang dan memperbaiki penampilan rambut kering. Ini juga membantu pertumbuhan rambut yang lebih sehat.

Rambut kering memang bisa menjadi masalah, tetapi dengan perawatan yang tepat, Masalah ini bisa diatasi dengan cepat. Dapatkan rambut sehat berkilau dengan perawatan yang baik.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES