Gaya Hidup

8 Deretan Makanan Tradisional Indonesia yang Paling Diminati Bule

Rabu, 18 Oktober 2023 - 06:39 | 97.04k
Nasi goreng Indonesia lengkap dengan krupuk udang di sampingnya. (Foto: Galang Gardianto/Freepik)
Nasi goreng Indonesia lengkap dengan krupuk udang di sampingnya. (Foto: Galang Gardianto/Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Indonesia adalah negara yang kaya akan warisan kuliner tradisional yang lezat. Tidak hanya di kalangan penduduk lokal, makanan tradisional ini juga semakin diminati oleh para wisatawan asing atau yang sering disebut sebagai "bule".

Makanan-makanan ini memikat lidah para turis asing dengan cita rasa khas dan keunikan yang sulit untuk dilupakan. Di bawah ini, kami akan membahas beberapa makanan tradisional Indonesia yang paling diminati oleh bule.

1. Rendang

Rendang adalah hidangan khas Minangkabau yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dalam santan dan rempah-rempah yang kaya. Kelezatan rendang terletak pada proses memasak yang lambat hingga daging menjadi empuk dan rempah-rempah meresap dengan sempurna.

Para bule seringkali terpesona oleh kelezatan daging rendang yang gurih dan pedas. Hidangan ini bisa ditemukan di berbagai restoran Indonesia di seluruh dunia.

2. Nasi Goreng

Nasi goreng adalah salah satu makanan yang paling terkenal di Indonesia. Terbuat dari nasi yang digoreng bersama dengan bumbu-bumbu, potongan daging, dan telur, nasi goreng adalah hidangan yang bisa disesuaikan sesuai selera.

Banyak bule menyukai rasa gurih nasi goreng dan seringkali memintanya dalam versi pedas.

3. Mie Goreng

Mie goreng adalah hidangan mie yang digoreng dengan berbagai bumbu seperti bawang putih, kecap manis, dan cabai. Hidangan ini seringkali diberi potongan telur dan daging. Para wisatwan asing menyukai mie goreng karena rasa gurih dan variasi bumbu yang bisa disesuaikan.

4. Sate

Sate adalah hidangan yang terdiri dari potongan daging yang ditusuk dan dipanggang di atas bara api. Hidangan ini disajikan dengan berbagai jenis saus, seperti kacang atau kecap. Para bule seringkali menyukai sate karena cita rasanya yang unik dan juga karena pengalaman makan yang interaktif.

5. Gado-Gado

Gado-gado adalah hidangan salad khas Indonesia yang terdiri dari berbagai jenis sayuran segar, tahu, tempe, dan telur rebus. Semuanya disajikan dengan saus kacang khas Indonesia.

Para pelancong mancanegara seringkali menyukai gado-gado karena kelezatan dan kesehatannya. Apalgi bagi mereka yang memiliki gaya hidup vegetarian, tentunya tanpa telur rebus.

6. Rujak

Rujak adalah hidangan buah-buahan segar yang disajikan dengan saus yang pedas dan manis. Hidangan ini sangat disukai oleh para bule karena kombinasi unik antara rasa pedas dan manis yang menggoda.

7. Klepon

Klepon adalah kue tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung ketan yang berisi gula kelapa cair dan dibalut dengan kelapa parut. Para pelancong mancanegara ini seringkali jatuh cinta pada cita rasa manis dan tekstur klepon yang unik.

"Saya sangat menyukai rasanya yang gurih. Apalagi ketika gulanya meletup saat digigit. Saya ingin makan kue ini tiap pagi," ungakp Robert, salah satu bue asal Inggris saat berada di pasar Kedonganan, Bali, (15/10/2023). 

8. Soto Ayam

Soto ayam adalah semacam sup ayam dengan kuah kaldu yang gurih. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi dan berbagai rempah-rempah. Banyak bule menyukai soto ayam karena rasa kuah yang lezat dan aroma rempah-rempah yang khas.

Itulah beberapa makanan tradisional Indonesia yang paling diminati oleh bule. Kelezatan dan keunikan makanan-makanan ini berhasil memikat lidah para turis asing, dan mereka seringkali menjadi penggemar setia kuliner Indonesia.

Jadi, jika anda adalah seorang bule atau turis asing yang belum mencoba makanan tradisional ini, pastikan untuk mencicipinya saat berkunjung ke Indonesia.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES