Gaya Hidup

Wajib Coba! Menjaga Kesehatan Pertumbuhan Rambut dengan Makanan Bergizi

Kamis, 19 Oktober 2023 - 04:24 | 47.36k
Ilustrasi. Menjaga kesehatan pertumbuhan rambut dengan konsumsi makanan bergizi. (Foto: Freepik)
Ilustrasi. Menjaga kesehatan pertumbuhan rambut dengan konsumsi makanan bergizi. (Foto: Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKesehatan pertumbuhan rambut menjadi salah satu penunjang penampilan seseorang. Rambut yang sehat juga bisa menjadikan lebih percaya diri. Para ahli gizi mengatakan jika makanan bergizi bisa untuk menjaga kesehatan pertumbuhan rambut.

"Mengonsumsi makanan yang seimbang, lengkap, dan bergizi sangat penting untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut Anda,” kata dokter kulit Lauren Penzi, MD, dilaporkan laman Glamour UK, dilansir dari Antara, Rabu (18/10/2023).

Kandungan makanan bergizi seperti Protein adalah kelompok makanan penting untuk rambut. Hal ini karena rambut terdiri atas protein yang disebut keratin, dan asam amino seperti L-sistein, dan L-lisin juga diperlukan, karena merupakan bahan penyusun protein.

Kekurangan nutrisi berkontribusi pada penipisan dan kerontokan rambut. Diet yang sangat ketat adalah yang paling berisiko berkontribusi karena mereka cenderung kekurangan nutrisi seimbang yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan rambut.

"Pola makan yang seimbang untuk kesehatan rambut harus mencakup namun tidak hanya terbatas pada vitamin D, vitamin C, folat (vitamin B12), riboflavin (vitamin B2), biotin, zat besi, seng, selenium, antioksidan, dan omega-3 dan omega-6 asam lemak, namun mencakup juga makronutrien dalam jumlah yang cukup seperti protein dan lemak sehat,” kata dokter kulit bersertifikat di New York Blair Murphy-Rose, MD, FAAD.

Tubuh yang diberi nutrisi oleh serangkaian vitamin, mineral, antioksidan, dan asam lemak akan memiliki rambut yang sehat, kecuali mungkin jika terjadi kondisi yang berdampak pada kesehatan rambut.

Ahli gizi Serena Poon mengatakan mengonsumsi makanan yang kaya akan buah-buahan berwarna, sayuran, lemak nabati, dan biji-bijian akan mengubah kesehatan Anda dalam banyak hal, termasuk membuat rambut indah.

Beberapa makanan yang dapat mencegah kerontokan rambut adalah daging tanpa lemak dan unggas, kacang-kacangan, tiram, alpukat, ikan salmon. Termasuk juga telur, produk susu dan turunannya, buah beri dan tetap terhidrasi dengan air.

Selain mendapatkan nutrisi yang tepat, Dr. Murphy-Rose mengatakan modifikasi gaya hidup lainnya dapat meningkatkan kesehatan rambut. Stres memainkan peran utama dalam kesehatan rambut.

Pastikan untuk mengurangi stres dengan melakukan aktivitas yang mengurangi tingkat stres, dan cukup tidur serta berolahraga. Bagi yang menjalani diet ketat, atau yang kesulitan mendapatkan nutrisi yang cukup dalam rutinitas sehari-hari, bisa mempertimbangkan suplemen untuk kesehatan pertumbuhan rambut yang optimal dengan memperhatikan kandungan kolagennya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES