Gaya Hidup

Ingin Tampil Cantik? Datang Saja ke Klinik Estetika RSUD Sleman

Jumat, 20 Oktober 2023 - 09:19 | 42.49k
Bupati Sleman Kustini meresmikan Klinik Estetika RSUD Sleman. (FOTO: Fajar Rianto/TIMES Indonesia)
Bupati Sleman Kustini meresmikan Klinik Estetika RSUD Sleman. (FOTO: Fajar Rianto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SLEMAN – Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Sleman terus melakukan inovasi layanan kepada masyarakat. Inovasi ini untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat terutama bagi perempuan yang ingin selalu tampil cantik nan menawan.

Untuk mewujudkan keingian kaum hawa dapat tampil cantik, rumah sakit milik Pemkab Sleman ini menghadirkan klinik estetika. Klinik ini dinamai dengan nama tokoh pewayangan yang memiliki paras cantik yaitu Kamaratih.

Direktur Utama RSUD Sleman, dr Novita Krisnaeni MPH mengatakan, nama Kamaratih terinspirasi dari tokoh pewayangan bernama Dewi Kamaratih, putri Bathara Soma. Dewi Kamaratih ini dikenal memiliki paras yang ayu nan cantik dan memiliki perwatakan yang sangat setia dan cinta kasih.

Nah, keberadaan klinik estetika Kamaratih ini merupakan bagian dari upaya RSUD Sleman untuk meningkatkan jumlah kunjungan pasien dan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Juga memberikan layanan kecantikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dengan adanya namanya Kamaratih, Novita berharap, masyarakat yang menjalani perawatan di klinik tersebut bisa menjadi lebih cantik, bagi pasangan resminya. “Sehingga menambah keharmonisan dalam rumah tangga,” terang dr Novita kepada TIMES Indonesia.

Klinik estetika Kamaratih berada di lantai satu gedung pelayanan terpadu RSUD Sleman. Peresmian klinik estetika ini dilakukan oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo. Peresmian ditandai dengan pemotongan pita, Kamis (19/10/2023).

dr Novita menerangkan, hadirnya klinik estetika tersebut bermula dari keberadaan dirinya Ketika mengikuti diklatpim belum lama ini.

Nah, rangkaian dari diklat tersebut mengharuskannya membuat proyek perubahan. Ia menamakan proyeknya tersebut dengan sebutan Tembang unggul. Akronim dari strategi pengembangan layanan unggulan untuk meningkatkan kunjungan pasien di RSUD Sleman.

Ada tiga layanan unggulan yang di tekankan oleh dr Novita. Yaitu, medical chek up, kanker, dan terakhir klinik estetika yang baru saja diresmikan oleh Bupati Sleman Kustini tersebut.

Latar belakang inovasi ini bermula dari adanya kebijakan diberlakukannya rujukan berjenjang dari BPJS Kesehatan.

Semula, pasien bisa langsung ke RSUD Sleman maka harus ke Puskesmas, dokter perorangan atau klinik kesehatan dulu baru ke Rumah Sakit Tipe C atau Tipe D. Sehingga, ia harus berinovasi mendatangkan pasien yang tanpa rujukan, maka dipilihlah medical chek up, kanker, dan terakhir klinik estetika.

“Kenapa kanker, karena RSUD Sleman ditunjuk sama Kemenkes RI sebagai pusat rujukan kanker. Ini yang membedakan dengan Rumah Sakit lainnya,” tandas dr Novita.

Selain memudahkan akses terutama bagi warga Sleman yang membutuhkan layanan, keberadaan fasilitas ini bisa mengurangi antrean kemoterapi di RSUP Sardjito. “Memang kualifikasinya masih madya. Jadi belum ada radioterapi, masih terbatas kemoterapi sama bedah tumor,” jelasnya.

Sementara itu, pemilihan klinik estetika dipengaruhi oleh tuntutan Perempuan yang ingin selalu tampil cantik dan menawan semakin meningkat. Sehingga, ia membuka klinik estetika tersebut. Klinik ini melayani perawatan bagi masyarakat yang kepengin tampil cantik, terlihat lebih muda dan segar. 

Klinik ini juga melayani masyarakat yang ingin memiliki berkulit putih atau menghilangkan bulu-bulu yang tidak dikehendaki. Juga, menghilangkan bekas luka, keloid, bekas cacar air, flek hitam, guratan pada perut pasca melahirkan ataupun bagi penderita penyakit kulit yang lainnya.

“Layanan tersebut ada harga resminya. Sebab, klinik ini ada di rumah sakit milik pemerintah tentu harganya lebih terjangkau dari layanan sejenis lainnya,” papar dr Novita.

Meski harga terjangkau, dr Novita menjamin kualitas layanannya tak akan mengecewakan masyarakat. Apalagi konsultannya adalah dokter spesialis kulit yang sudah berkompeten dibidangnya.

Dengan adanya tiga layanan unggulan tersebut, dr Novita berharap dapat menambah jumlah kunjungan pasien ke RSUD Sleman. Keberadaan klinik estetika dilingkup RSUD Sleman mendapat perhatian dari Bupati Sleman Kustini. Ia mengapresiasi hal tersebut saat peluncuran klinik estetika yang ada di RSUD Sleman ini.

Menurut Kustini, penting untuk selalu merawat kecantikan. Sebab, penampilan yang cantik dapat mendukung performa dalam kegiatan kita sehari-hari. Namun demikian, kecantikan fisik juga harus diikuti dengan kecantikan dari dalam diri kita.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, RSUD Sleman juga menyelenggarakan seminar kecantikan dengan tema Tampil dengan Kulit Sehat, Cantik dan Menawan.

Seminar diikuti oleh sebanyak 75 orang dari berbagai instansi. Seperti, perwakilan Puskesmas se-Kabupaten Sleman, hotel, klinik kesehatan, dan perwakilan sekolah. Hadir sebagai naras umber yaitu dr Istiana Fiatiningsih Sp KK yang merupakan dokter RSUD Sleman.

Keberadaan klinik esetika di RSUD Sleman tersebut semakin menambah fasilitas inovasi layanan yang sudah ada sebelumnya. Tercatat, pada tahun 2023 ini telah di luncurkan empat inovasi layanan baru di RSUD Sleman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES