Gaya Hidup

Tips Merawat Ujung Rambut Bercabang Kembali ke Bentuk Semula

Minggu, 22 Oktober 2023 - 05:51 | 43.59k
Seorang gadis mengamati rambutnya yang bercabang. (Foto: Benzoix/Freepik)
Seorang gadis mengamati rambutnya yang bercabang. (Foto: Benzoix/Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setiap hari, rambut anda dihadapkan pada berbagai tantangan, mulai dari penggunaan alat penataan panas hingga pengaruh faktor lingkungan. Akibatnya, masalah seperti rambut bercabang dan rusak bukanlah hal yang aneh.

Namun, dengan perawatan dan perhatian yang tepat, anda dapat membantu mengatasi masalah ini dan menjaga penampilan tetap indah. Berikut adalah beberapa tips yang berguna untuk mengelola dan mencegah ujung rambut bercabang dan kerusakan pada rambut Anda:

1. Gunting Ujung Rambut

Salah satu cara paling efektif adalah dengan memotongnya. Anda dapat melakukannya sendiri setiap 2 bulan sekali atau meminta tolong ke penata rambut langganan. 

2. Gunakan Shampoo yang Lembut

Pilih shampoo yang bebas sulfat dan mlembapkan untuk mencegah pengeringan dan kerusakan lebih lanjut. Shampoo keras dapat menghilangkan minyak alami dan membuatnya lebih rentan terhadap pembelahan.

3. Kondisioner atau Masker

Kondisioner dan masker yang baik dapat membuat perbedaan besar. Gunakan kondisioneratau masker setelah keramas untuk menjaga kelembaban dan membantu memperbaiki kerusakan yang sudah ada.

4. Batasi Penggunaan Alat Penata Rambut

Panas berlebih dari alat penataan seperti catok, pelurus, dan pengering rambut merusak danmembuat ujung rambut bercabang. Cobalah untuk mengurangi frekuensi penggunaan alat penataan panas dan selalu gunakan semprotan pelindung panas sebelum menata rambut.

5. Perlakukan dengan Lembut

Hindari menggosok rambut dengan handuk secara kasar setelah keramas. Sebaliknya, tekan-tekan secara lembut untuk menghilangkan kelebihan kelembapan. Gesekan yang berlebihan dengan handuk dapat menyebabkan kerusakan dan patah.

6. Hindari Gaya Rambut yang Ketat

Kepang ekor kuda yang terlalu ketat atau mengikat rambut dengan ketat dapat menyebabkannya melemah dan bercabang. Pilih gaya rambut yang longgar atau gunakan aksesori yang ramah terhadap pita karet elastis.

7. Lindungi Rambut dari Paparan Sinar Matahari

Seperti kulit, rambut  dapat mengalami kerusakan akibat sinar UV. Pakailah topi atau gunakan produk perawatan rambut dengan perlindungan UV saat berada lama di bawah sinar matahari.

8. Konsumsi Diet Seimbang

Kesehatan rambut juga dipengaruhi oleh pola makan. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan protein untuk mendukung pertumbuhan dan kekuatan rambut.

9. Batasi Penggunaan Bahan Kimia

Perawatan rambut seperti cat, pewarna, dan pelurusan kimia dapat menyebabkan kerusakan. Cobalah untuk membatasi perawatan semacam itu, dan jika harus melakukannya, pastikan untuk menggunakan produk perawatan rambut yang dirancang khusus untuk rambut yang telah dirawat kimia.

10. Minum Air Cukup

Tetap terhidrasi adalah penting, tidak hanya untuk kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga untuk rambut anda. Minumlah cukup air agar rambut dan kulit kepala tetap terhidrasi.

Ingatlah bahwa mencegah dan mengelola ujung rambut yang bercabang dan kerusakan memerlukan kesabaran dan konsistensi. Dengan mengikuti tips ini dan menerapkan rutinitas perawatan rambut yang lembut, Anda dapat menjaga rambut tetap sehat dan mengurangi kebutuhan tindakan drastis seperti memotong ujung rambut bercabang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES