Gaya Hidup

Manfaat Luar Biasa Minyak Zaitun bagi Kesehatan

Selasa, 24 Oktober 2023 - 06:02 | 63.46k
Seorang wanita memegang sebotol minyak zaitun di tangannya. (Foto: vh-studio/Freepik)
Seorang wanita memegang sebotol minyak zaitun di tangannya. (Foto: vh-studio/Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMinyak zaitun telah dikenal luas sebagai salah satu jenis minyak yang paling sehat untuk digunakan dalam masakan. Bahan masakan ini juga dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan.

Minyak zaitun diekstrak dari buah zaitun dan merupakan komponen penting dari diet sehat ala Mediterania. Artikel ini akan menjelaskan beberapa manfaat kesehatan dari bahan masakan berbentuk cair ini.

Manfaat Minyak Zaitun

1. Perlindungan Jantung

Bahan ini mengandung lemak sehat, terutama asam lemak tak jenuh tunggal. Asam lemak ini telah terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

Pola makan dengan menggunakan atau menambahkan bahan masakan ini telah dikaitkan dengan penurunan risiko serangan jantung dan penyakit jantung koroner.

2. Pengendalian Diabetes

Kandungan asam oleat dalam minyak zaitun dapat membantu meningkatkan sensitivitas sel-sel terhadap insulin, yang membantu mengendalikan kadar gula darah. Ini sangat bermanfaat bagi individu dengan diabetes tipe 2 atau yang berisiko mengembangkannya.

3. Perlindungan Terhadap Kanker

Bahan masakan ini mengandung senyawa antioksidan, seperti polifenol, yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang dapat menyebabkan perkembangan kanker. Diet yang kaya akan minyak zaitun telah terkait dengan penurunan risiko kanker tertentu, terutama kanker payudara dan usus.

4. Mendukung Kesehatan Mental

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet yang kaya akan minyak zaitun dapat berkontribusi pada kesehatan mental yang lebih baik. Asam lemak omega-3 di dalamnya dikenal memiliki efek positif pada kesehatan otak dan dapat membantu mengurangi risiko depresi.

5. Menyokong Kesehatan Tulang

Bahan tersebut mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk vitamin K dan antioksidan. Nutrisi-nutrisi ini dapat membantu memperkuat tulang dan mengurangi risiko osteoporosis.

6. Kesehatan Kulit

Bahan yang juga disebut sebagai cairan emas ini sering digunakan dalam produk perawatan kulit karena kandungan vitamin E dan polifenolnya. Kandungan tersebut dapat membantu menjaga kulit tetap lembap dan terlindungi dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan faktor-faktor lingkungan lainnya.

7. Antiinflamasi Alami

Asam oleat dalam bahan tersebut memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang sering kali merupakan penyebab berbagai masalah kesehatan.

Sementara bahan dengan warna keemasan tersebut memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa, penting untuk menggunakannya dalam jumlah yang moderat, karena masih mengandung kalori. Menggantikan minyak lain dengan minyak zaitun dalam diet Anda adalah langkah yang cerdas untuk mendukung kesehatan Anda.

Dengan segala manfaat kesehatan yang dimilikinya, minyak zaitun seharusnya menjadi bagian penting dari pola makan sehari-hari kita. Jadi, jangan ragu untuk menambahkan minyak zaitun ke dalam hidangan dalam jumlah yang cukup dan nikmati manfaatnya untuk kesehatan.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES