Gaya Hidup

Rahasia Kecantikan Alami: Manfaat Minyak Zaitun dan Cara Penggunaannya

Rabu, 25 Oktober 2023 - 03:29 | 49.43k
Minyak zaitun dimasukkan ke botol khusus. (Foto: Freepik)
Minyak zaitun dimasukkan ke botol khusus. (Foto: Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMinyak zaitun, selain menjadi bahan utama dalam masakan lezat, juga terkenal karena manfaatnya bagi kecantikan. Bahan ini telah digunakan selama berabad-abad untuk perawatan kulit, rambut, dan kuku.

Dengan kandungan nutrisi alami yang kaya, minyak zaitun memiliki beragam manfaat yang dapat meningkatkan penampilan. Nah, bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut.

1. Kelembaban Kulit

Minyak zaitun merupakan pelembap alami yang kaya akan asam lemak dan antioksidan. Mengaplikasikannya pada kulit membantu menjaga kelembaban kulit, membuatnya tampak sehat dan bercahaya. Anda dapat mengoleskannya langsung pada kulit atau menambahkannya ke dalam pelembap favorit.

2. Masker Anti-Penuaan

Bahan ini mengandung polifenol dan vitamin E, yang membantu melawan tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus. Dengan menggunakannya secara teratur, anda dapat membantu kulit tetap tampak muda. 

Campur minyak zaitun dengan madu atau yogurt untuk membuat masker wajah alami. Oleskan campuran ini ke wajah dan biarkan selama 15-20 menit sebelum membilasnya.

3. Mengatasi Jerawat 

Memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba bahan ini dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Anda dapat mengoleskannya pada area yang terkena jerawat untuk membantu mengurangi peradangan.

4. Melembutkan Rambut

Minyak zaitun juga bermanfaat bagi kesehatan rambut. Minyak ini membantu mengatasi rambut kering dan bercabang, menjadikannya lebih lembut dan mudah diatur. Sebelum dibasahi, oleskan bahan ini pada rambut dan biarkan selama beberapa jam. Ini akan memberikan kelembaban ekstra pada bagian teratas tubuh anda.

5. Perawatan Kuku

Kuku yang rapuh dan patah bisa menjadi masalah. Minyak zaitun dapat membantu memperkuat kuku dan kutikula. Cukup rendam kuku dalam minyak zaitun selama beberapa menit setiap hari.

6. Mengatasi Bibir Kering

Bibir kering dapat menjadi sangat tidak nyaman. Minyak zaitun adalah solusi alami untuk bibir pecah-pecah. Oleskan sedikit minyak zaitun pada bibir sebelum tidur, dan anda akan terbangun dengan bibir lembut.

7. Pembersih Wajah

Gunakan minyak zaitun sebagai pembersih wajah alami. Tuangkan sejumlah kecil minyak zaitun pada kapas dan usapkan secara lembut pada wajah untuk menghilangkan makeup dan kotoran. Bilas dengan air hangat.

8. Perawatan Tubuh

Setelah mandi, oleskan bahan ini ke seluruh tubuh untuk menjaga kelembaban kulit. Hal ini juga membantu memperpanjang efek segar dari mandi.

Minyak zaitun adalah bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Namun, pastikan tidak alergi terhadapnya dengan melakukan uji coba kecil terlebih dahulu. Dengan penggunaan yang bijak, bahan ini dapat menjadi tambahan berharga dalam rutinitas kecantikan sehari-hari.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES