Gaya Hidup

Jerawat Punggung Bikin Kesel, Ini 6 Cara Mudah Mengatasinya

Rabu, 25 Oktober 2023 - 00:55 | 50.04k
Ilustrasi jerawat punggung. (Foto: lifebuoy)
Ilustrasi jerawat punggung. (Foto: lifebuoy)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tak hanya di wajah, jerawat punggung juga bisa membuat kesal. Jerawat ini membuat kita tidak nyaman karena terasa gatal, bahkan perih. Jerawat di punggung bisa disebabkan karena perubahan hormon, stres, efek samping obat-obatan tertentu, hingga kebersihan kulit yang kurang terjaga. Lalu bagaimana cara mengatasi jerawat punggung ini?

Tips Mengatasi Jerawat Punggung

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat punggung ini. Apa saja yang bisa dilakukan?

1. Eksfoliasi

Eksfoliasi dapat membantu mengurangi jumlah kulit mati yang berisiko menyumbat pori-pori. Anda bisa menggunakan scrub dari asam salisilat (salicylic acid) untuk menghilangkan kotoran dan minyak di kulit. Cara ini juga mendorong peremajaan kulit, sehingga menghaluskan dan memperbaiki tekstur permukaannya. Melakukannya secara rutin dapat membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat punggung.

2. Konsumsi makanan sehat

Penelitian yang terbit di American Academy of Dermatology Association, menunjukkan bahwa makanan tinggi indeks glikemik (GI), dapat memperburuk jerawat. Makanan tinggi indeks glikemik (GI) seperti roti putih, pasta putih, nasi, dan ketan putih menyebabkan gula darah naik dengan cepat.

Agar jerawat punggung tak semakin parah, hindari makanan di atas dan ganti dengan makanan yang lebih sehat seperti sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak dan biji-bijian utuh.

3. Jaga kebersihan badan

Menjaga kebersihan salah satunya dengan rajin mandi. Setelah beraktivitas seperti olahraga pastikan Anda mandi terlebih dahulu dan ganti baju dengan yang bersih.

4. Hindari pakaian ketat 

Pakaian ketat membuat kulit sulit bernapas dan meningkatkan produksi keringat di kulit. Keringat yang bercampur dengan minyak alami tubuh akan menyumbat pori-pori yang akhirnya menyebabkan komedo putih dan jerawat.

5. Hindari Stres

Stres dapat memicu produksi minyak berlebih pada kulit yang menjadi penyebab jerawat punggung. Kelola stres dengan lebih baik sehingga kesehatan kulit terjaga.

6. Singkirkan rambut dari punggung

Rambut dapat menyimpan dan kotoran, rambut yang terlalu panjang dan mengenai punggung dapat menambah risiko dari jerawat punggung yang disebabkan oleh bakteri dan minyak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES