Gaya Hidup

Kelezatan Sayap Ayam dalam Masakan Indonesia

Kamis, 26 Oktober 2023 - 00:29 | 69.78k
Sayap ayam balado. (FOTO: Michaelnero/Freepik)
Sayap ayam balado. (FOTO: Michaelnero/Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Indonesia mempunyai banyak hidangan yang lezat dengan sayap ayam. Daging ayam diketahui menjadi protein terfavorit di Negeri Katulistiwa ini sehingga keberadaannya sangat mudah ditemukan.

Anda dapat menemukannya di pusat perbelanjaan hingga pasar-pasar lokal atau toko-toko sayur kecil. Di bawah ini, kami akan menjelaskan beberapa hidangan khas Indonesia yang memanfaatkan sayap ayam sebagai bahan utama.

1. Ayam Goreng Kremes

Ayam Goreng Kremes adalah hidangan renyah khas Jawa Tengah. Sayap ayam diolah hingga kecokelatan dan disajikan dengan taburan kremes yang gurih. Kremes dibuat dari campuran tepung beras, tepung terigu, ketumbar, garam, dan gula yang digoreng hingga berwarna kuning keemasan.

2. Ayam Rica-Rica

Ayam Rica-Rica adalah hidangan pedas khas Sulawesi. Sayap ayam dimasak dengan bumbu yang terdiri dari cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, jahe, dan terasi (opsional). Hidangan ini memiliki cita rasa pedas yang memanjakan lidah.

3. Ayam Bakar Taliwang

Ayam Bakar Taliwang merupakan hidangan khas Lombok yang unik. Sayap ayam dibakar setelah dilumuri dengan bumbu yang terbuat dari cabai rawit, bawang merah, bawang putih, kunyit, dan jahe. Hidangan ini memiliki citarasa pedas dan harum yang memikat.

4. Ayam Masak Madu

Ayam Masak Madu adalah hidangan manis-gurih yang populer di Indonesia. Sayap ayam dimasak dengan saus madu, kecap manis, bawang putih, dan sedikit saus cabai. Hidangan ini memberikan perpaduan unik antara manis dan gurih.

5. Ayam Goreng Krispi

Ayam Goreng Krispi adalah versi Indonesia dari ayam goreng yang cenderung renyah dan gurih. Sayap ayam dibalut dengan adonan berbasis tepung terigu dan rempah-rempah, kemudian digoreng hingga keemasan. Hidangan ini sangat cocok sebagai camilan atau lauk makan.

6. Ayam Balado

Ayam Balado merupakan hidangan pedas yang berasal dari Minangkabau. Sayap ayam dimasak dengan bumbu balado yang terdiri dari cabai merah, bawang merah, bawang putih, jahe, gula, dan garam. Rasakan sensasi pedas dan gurih dalam satu suapan.

7. Ayam Kecap

Ayam Kecap adalah hidangan klasik dalam masakan Indonesia. Sayap ayam dimasak dengan saus kecap, bawang merah, bawang putih, gula merah, dan bumbu rempah. Hidangan ini memiliki cita rasa manis dan gurih dari kecap.

Keseluruhan hidangan di atas akan sangat menggugah selera anda teruttama jika dihidangkan dengan nasi hangat dan sambal yang cocok dengan masing-masing hidangan. Tambahakn acar atau sayur mentah sebagai lalapan untuk menambah selera.

Sekarang anda tahu beberapa hidangan khas Indonesia yang menghadirkan sayap ayam dalam berbagai citarasa. Cobalah salah satunya untuk pengalaman kuliner yang tak terlupakan!

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES