Gaya Hidup

Manfaat Mandi Malam Hari untuk Tubuh, Apa Saja?

Senin, 30 Oktober 2023 - 05:35 | 54.11k
Ilustrasi. Manfaat mandi malam hari untuk kesehatan. (FOTO: Freepik)
Ilustrasi. Manfaat mandi malam hari untuk kesehatan. (FOTO: Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMandi malam hari memang terasa lebih menyegarkan. Namun bagi sebagian orang, mandi malam bisa berdampak buruk. Akan tetapi, kenyataannya belum ada banyak studi yang membuktikan efek samping mandi malam secara langsung terhadap tubuh, terutama dalam memicu masuk angin dan rematik.

Mandi malam hari memiliki beragam manfaat kesehatan, mulai dari kualitas tidur hingga tekanan darah Anda. Berikut adalah berbagai kebaikan yang bisa Anda dapat dengan rutin mandi di malam hari.

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Mandi malam, terutama dengan memakai air hangat, akan membantu menurunkan suhu tubuh Anda. Penurunan suhu tubuh inilah yang akan membantu Anda merasa lebih rileks dan cepat mengantuk.

2. Bermanfaat untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat didapatkan dengan mandi malam adalah kulit yang lebih bersih dan bebas dari tumpukkan kotoran, terutama jika Anda memakai sabun mandi antiseptik. Tidur pun menjadi semakin nyenyak karena tubuh Anda sudah dalam kondisi lebih bersih dan wangi.

3. Meredakan Gejala Pilek dan Batuk

Jika mengalami gejala flu, dianjurkan untuk mandi malam menggunakan air hangat daripada air dingin. Alasannya karena panas dan uap yang keluar dari air hangat bisa membuat saluran napas menjadi terbuka.

Selain itu, mandi air hangat juga dapat membantu membersihkan saluran hidung dan mengencerkan dahak sehingga gejala pilek dan batuk pun mereda.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Sebuah studi menunjukkan bahwa berendam air hangat selama 11–15 menit sebelum tidur efektif dalam menurunkan tekanan darah. Tekanan darah yang turun setelah mandi malam menggunakan air hangat dapat mencapai 16 mmHG.

Itulah 4 manfaat mandi malam hari terutama jika menggunakan air hangat. Meski memiliki banyak manfaat, yang perlu diperhatikan adalah jangan berendam terlalu lama. Hal ini bisa menyebabkan kulit menjadi kering. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES