Gaya Hidup

7 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Jerawat, Apa Saja?

Jumat, 03 November 2023 - 04:32 | 40.42k
Ilustrasi - wajah bebas bekas jerawat dengan perawatan bahan alami. (FOTO: Freepik)
Ilustrasi - wajah bebas bekas jerawat dengan perawatan bahan alami. (FOTO: Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bekas jerawat di wajah sering membuat tidak percaya diri. Meski bisa ditutupi dengan make up, namun banyak yang lebih puas jika bekas jerawat ini benar-benar hilang. Tenang, ada beragam bahan alami yang bisa menghilangkan bekas jerawat di wajah. Apa saja?

Menghilangkan bekas jerawat bisa dilakukan dengan perawatan di klinik kecantikan, penggunaan skincare, maupun cara alami. Jika Anda memilih cara alami, berikut bahan dan cara yang bisa Anda lakukan.

Menghilangkan Bekas Jerawat di Wajah dengan Bahan Alami

1. Lemon

Kandungan vitamin C dan antioksidan di dalam lemon dipercaya mampu memudarkan noda bekas jerawat di wajah. Selain lemon, Anda bisa menggunakan jeruk nipis atau jeruk purut.

Cara memanfaatkan lemon untuk menghilangkan bekas jerawat sanga mudah. Anda bisa menempelkan irisan lemon segar ke bekas jerawat. Namun hati-hati, kulit akan terasa sedikit perih jika ada bagian kulit yang luka. Pemilik kulit sensitif sebaiknya tidak memanfaatkan lemon untuk menghilangkan bekas jerawat karena rentan mengalami iritasi.

2. Telur

Kandungan enzim lysonzim yang terdapat di dalam putih telur dipercaya mampu digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan jerawat.

Caranya sangat mudah. Pisahkan putih telur dari kuningnya. Tambahkan air perasan lemon. Oleskan putih telur dengan campuran lemon pada bekas jerawat dan tunggu selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air bersih.

3. Kentang

Kentang memiliki kandungan potasium, sulfur, fosfor, dan klorida yang bisa memudarkan bekas jerawat pada kulit wajah. Kentang juga mengandung enzim kotakolase yang memiliki efek mencerahkan.

Untuk menghilangkan bekas jerawat, parut atau blender kentang segar. Lalu ambil ekstrak jus kentang dan oleskan ke wajah. Biarkan selama 10-15 menit lalu bilas hingga bersih.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan Polifenol yang berperan sebagai pembasmi jerawat dan mampu menghilangkan jerawat secara menyeluruh jika digunakan secara teratur.

Caranya, cuci lidah buaya dan kupas kulitnya terlebih dahulu. Oleskan lendir lidah buaya pada wajah yang memiliki bekas jerawat, seperti menggunakan masker. Diamkan selama 20-30 menit lalu dibilas dengan air bersih.

5. Soda Kue

Soda kue dapat berfungsi sebagai exfoliator atau pengelupas sel kulit mati untuk mengurangi bekas jerawat. Caranya, campur 2 sendok makan soda kue dan 2 sendok makan air. Oleskan campuran tersebut ke area bekas jerawat dan diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air hangat. Jangan lupa gunakan pelembab setelah menggunakan soda kue agar kulit Anda tidak kering.

6. Bubuk Kunyit

Penggunaan bubuk kunyit sebagai masker bisa memudarkan warna bekas jerawat karena mampu meregenerasi sel kulit, sehingga kulit menjadi lebih cerah.

Selain itu, bubuk kunyit memiliki sifat antiinflamasi yang bisa mengurangi jaringan parut pada kulit. Dengan begitu, noda hitam bekas jerawat menjadi tersamarkan.

7. Madu

Madu bisa menghilangkan bekas jerawat secara alami. Sifat antibakteri dan antiinflamasi pada madu mampu mengatasi peradangan dan infeksi pada kulit akibat jerawat. Ketika jerawat teratasi dengan baik, maka kondisi ini akan menurunkan risiko munculnya bekas jerawat yang menghitam.

Caranya, oleskan tipis-tipis madu pada bekas jerawat. Biarkan 15-20 menit agar madu mengering. Selanjutnya bilas dengan air hangat. Perlu diperhatikan, pastikan madu yang digunakan adalah madu murni tanpa campuran gula atau bahan lainnya.

Tujuh cara alami menghilangkan bekas jerawat ini bisa Anda lakukan secara rutin dua kali dalam seminggu. Setelah bekas jerawat hilang, jangan lupa untuk terus menjaga kebersihan wajah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES