Gaya Hidup

7 Fakta Semangka, Buah yang Jadi Simbol Dukungan Palestina 

Jumat, 03 November 2023 - 11:15 | 174.86k
Buah semangka (FOTO: id.pinterest.com)
Buah semangka (FOTO: id.pinterest.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Buah semangka mendadak viral di medsos. Buah berwarna merah segar dengan kandungan air melimpah ini digunakan sebagai simbol dukungan pada Palestina. 

Alasannya buah ini memiliki kombinasi warna yang sama dengan bendera Palestina, hijau, merah, putih dan hitam. Selain itu, ternyata semangka memang tumbuh subuh di tanah Palestina. Di tengah sulitnya mendapatkan makanan dan air minum, kini semangka menjadi makanan utama warga setempat. 

Fakta unik buah semangka 

Makanan tradisional Palestina 

Dikutip dari Bon Appetit, di Palestina ada makanan khas dengan bahan utama semangka bernama Meze, wujudnya menyerupai salad. 

Sementara di Gaza Selatan, juga terdapat sajian semangka yang unik namanya Fatet Ajer, yaitu semangak segar yang disajikan dengan terong, paprika dan tomat. Bahan itu kemudian dipanggang dan dimakan bersama roti pipih dan minyak zaitun. 

Tumbuh subur di Timur Tengah

Buah semangka tumbuh subur di Timur Tengah, termasuj di Palestina. Buah yang dihasilkan ukurannya lebih besar dibanding semangka lokal (Indonesia). Penelitian juga menuliskan kandungan air dari semangka di Timteng lebih banyak. 

Buah kesukaan Nabi Muhammad

Fakta berikutnya, buah berwarna merah segar ini ternyata salah satu buah kesukaan Nabi Muhammad. Bahkan ada riwayat yang menuliskannya. 

"Sesungguhnya Nabi SAW sering makan semangka disertai ruthab (kurma muda),". (HR At-Tirmidzy Nomor 1843, dishahihkan oleh Al-Albany dalam Shahih At-Tirmidzy Nomor 1843).

Bahkan kitab At-Tadzkirah, Imam Al Qurtubi menuliskan dari Ali Radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Ya Ali, rajinlah makan buah semangka karena airnya dari air surga dan rasanya manisnya adalah rasa manis surga,".

Dijelaskan pula bahwa setiap hamba yang memakan satu suap saja buah semangka, maka Allah SWT akan memasukkan ke dalam perutnya 70 macam obat dan mengeluarkan dari perutnya 70 macam penyakit.

"Untuk satu suap, Allah SWT mencatat untuknya 10 kebajikan dan menghapus darinya 10 keburukan dan mengangkatnya 10 derajat,".

Buah yang bebas lemak

Semangka salah satu buah yang bebas lemak namun kaya nutrisi, seperti vitamin A, B6 dan C. 

Dapat cegah kanker

Jika ingin terhindar dari kanker, rajinlah makan semangka sesuai porsi. American Cancer Society menuliskan, semangka mengandung likopen yang dapat menjegah pertumbuhan sel kanker. 

Biji semangka ternyata sehat

Banyak yang khawatir tentang biji semangka jika tertelan. Faktanya dikutip dari The International Journal of Nutrition and Food Sciences, biji semangka juga sehat dan mengandung antioksidan yang besar, termasuk vitamin B dan mineral lainnya. 

Kulit semangka juga bisa dimakan

Uniknya lagi kulit semangka juga bisa dimakan. Live Science melaporkan setiap 3 cm kulit semangka mengandung 1,8 kalori. 

Manfaat kulit semanga juga nggak main-main, dapat meningkatkan libido, termasuk menyehatkan prostat, menjaga kebugaran tubuh dan membantu menurunkan tekanan darah.

Manfaat semangka lainnya dapat menurunkan berat badan dengan melakukan detoks semangka. Semangka juga bisa meredakan nyeri otot. Meski banyak manfaatnya, namun makan sesuai porsi ya, jangan terlalu banyak. Jika 'overdosis' semangka bisa mengakibatkan kembung, diare, gangguan pencernaan, gas lambung hingga pusing. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES