Gaya Hidup

Ingin Sensasi Lain dari Jahe? Coba Resep Istimewa Minuman Jahe Ini

Kamis, 09 November 2023 - 06:00 | 46.36k
Ilustrasi Wedang Jahe, minuman hangat Jawa yang terbuat dari jahe dan rempah seperti kayu manis dan cengkeh, serta gula, Surakarta (Solo), Jawa Tengah, Indonesia. (bacagituloh.com)
Ilustrasi Wedang Jahe, minuman hangat Jawa yang terbuat dari jahe dan rempah seperti kayu manis dan cengkeh, serta gula, Surakarta (Solo), Jawa Tengah, Indonesia. (bacagituloh.com)

TIMESINDONESIA, MALANG – Musim terus berganti. Saat ini kita sudah mulai masuk pancaroba dan musim penghujan. Minuman jahe banyak dipilih banyak orang untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit saat memasuki musim tersebut.

Minuman jahe juga jadi favorit banyak orang karena rasanya yang pedas dan manfaat kesehatannya yang melimpah. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat, serta dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meredakan gangguan pencernaan.

Karena tak ingin bosan minum jahe hanya dengan bahan air panas dan gula saja, banyak orang mulai membuat variasi campuran dalam minuman jahe.

Berikut resep minuman jahe yang istimewa, nikmat, dan sehat yang bisa Anda coba di rumah.

Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Sebelum masuk ke resep minuman jahe yang lezat, kita bahas dulu yuk beberapa manfaat kesehatan dari jahe yang sering kita dengar.

Meredakan Mual: Jahe telah lama digunakan sebagai obat alami untuk mual, terutama mual perjalanan dan mual akibat kehamilan. Ini juga membantu meredakan mual setelah operasi.

Anti-Inflamasi: Zat dalam jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu meredakan nyeri sendi dan otot.

Peningkatan Kekebalan Tubuh: Jahe mengandung antioksidan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Merangsang Pencernaan: Jahe dapat membantu merangsang pencernaan Anda dan mengurangi masalah pencernaan seperti perut kembung.

Meningkatkan Sirkulasi Darah: Jahe dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, yang baik untuk kesehatan jantung.

Nah, setelah kita tahu manfaat jahe yang sangat banyak itu, yuk kita bahas resep minuman jahe yang nikmat dan menyegarkan.

Bahan-bahan Resep Minuman Jahe yang Istimewa

1. 2-3 inci jahe segar, dipotong tipis atau diparut
2. 2 cangkir air
3. 1-2 sendok makan madu (sesuai selera)
4. 1 sendok makan perasan jeruk nipis
5. Irisan lemon atau sejumput bubuk kayu manis untuk hiasan

Cara Membuat:

Panaskan air dalam panci hingga mendidih.

Masukkan jahe yang sudah dipotong atau diparut ke dalam air mendidih. Biarkan mendidih selama sekitar 10-15 menit. Semakin lama Anda memasaknya, semakin kuat rasa jahe yang Anda dapatkan.

Setelah matang, saring cairan jahe ke dalam gelas atau teapot.

Tambahkan madu sesuai selera untuk memberikan rasa manis pada minuman. Anda juga bisa menambahkan perasan jeruk nipis untuk memberikan sentuhan segar.

Hidangkan minuman jahe dalam cangkir dan hias dengan irisan lemon atau sedikit bubuk kayu manis jika Anda suka.

Variasi Rasa Minuman Jahe

Kalau Anda sudah mulai bosan dengan resep tadi, Anda juga bisa memberi variasi rasa tambahan pada minuman jahe.

Jahe dan Mint (daun mint): Menambahkan beberapa daun mint segar ke dalam minuman jahe dapat memberikan rasa segar dan menyegarkan yang sempurna, terutama saat cuaca panas.

Jahe dan Teh Hijau: Untuk minuman yang lebih kuat dan kaya akan antioksidan, cobalah mencampur jahe dengan teh hijau. Teh hijau dan jahe adalah kombinasi yang sangat baik untuk kesehatan.

Jahe dan Apel: Anda juga dapat mencampur jahe dengan jus apel segar. Ini memberikan rasa manis dan sejuk yang enak.

Jahe dan Jeruk: Selain perasan lemon, Anda bisa mencampur jahe dengan jus jeruk segar untuk variasi rasa yang menyegarkan. Jeruk memberikan rasa manis dan sedikit asam.

Jahe dan Susu: Jahe juga bisa dicampur dengan susu untuk menciptakan minuman jahe susu yang hangat dan kaya rasa.

Jahe, Kayu Manis dan Bubuk Cokelat: Mencampur jahe dengan kayu manis dan sedikit bubuk cokelat dapat menciptakan minuman jahe yang seperti cokelat yang hangat dan beraroma.

Jahe dan Lada Hitam: Jika Anda menyukai sensasi pedas, cobalah menambahkan lada hitam ke dalam minuman jahe Anda. Ini akan memberikan rasa pedas yang ekstra.

Perlu diingat bahwa ketika Anda menambahkan bahan-bahan variasi seperti di atas tadi, Anda dapat mengatur jumlahnya sesuai selera Anda. Jadi, Anda memiliki banyak pilihan untuk menciptakan minuman jahe yang sesuai dengan preferensi rasa Anda sendiri.

Resep ini sangat sederhana. Namun minuman jahe yang dihasilkan sangat nikmat dan bermanfaat. Anda dapat menikmatinya baik panas maupun dingin. Minuman jahe ini juga dapat membantu Anda menghangatkan tubuh pada cuaca dingin saat hujan turun.

Selamat mencoba resep dan racikan minuman jahe Anda dengan rasa yang berbeda!

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES