Gaya Hidup

Pameran Tunggal Solo Exhibition: Oetje Lamno Beri Penjelasan Makna Rumah Kedua

Jumat, 10 November 2023 - 23:00 | 41.27k
Seniman tunggal asal Yogyakarta, Oetje Lamno (tengah) memberikan penjelasan terkait karya-karya seninya bertajuk
Seniman tunggal asal Yogyakarta, Oetje Lamno (tengah) memberikan penjelasan terkait karya-karya seninya bertajuk

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTAOetje Lamno, seorang seniman yang lahir di kota Yogyakarta serta menempuh pendidikan di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta telah menapaki jejak seni dengan pameran baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Tak hanya itu, ia pun juga pernah berkesempatan menampilkan karyanya di ajang bergengsi Beijing Biennale di Tiongkok. Dalam kesempatan kali ini, ia mempersembahkan pameran Solo Exhibition "Rumah Kedua" yang mana membawa koleksi lukisan bertemakan gunung. Pameran yang digelar di Lobby Artotel Hotel Yogyakarta, Jumat (10/11/2023) tersebut tak hanya mempertontonkan karya-karya baru melainkan juga memasukkan dua karya lama sebagai bagian integral dari wacana seninya.

Oetje menjelaskan, karya-karya ini mencerminkan pengalaman estetik dirinya dalam menemukan rasa nyaman ketika berada di gunung yang membuatnya timbul sebuah ketenangan yang begitu mendalam di dalam hatinya. Hal ini membuatnya merasa seperti berada di rumah, memungkinkan dia untuk larut dalam suasana bahkan menghabiskan malam untuk merasakan dinginnya kabut di malam dan di pagi hari.

"Energi positif yang terpancar, membangkitkan rasa sukacita dan ketenangan ketika aku berada di gunung semuanya terasa seperti berada di tempat perlindungan hingga aku menyebutnya sebagai Rumah Kedua," jelas Oetje Lamno.

Perasaan saat itu, sambungnya, telah menumbuhkan impian bahwa suatu hari pihaknya akan memiliki rumah kedua dibawah bayang-bayang gunung. Semua pengalaman dan pancaran energi positif ini diolah dan dijalin ke dalam imajinasi seni hingga terwujud dalam goresan kuas Oetje Lamno.

"Berkat anugerah dari Tuhan, aku diberikan kesempatan untuk memamerkan karya-karya seni dengan judul " Rumah Kedua"," tuturnya.

Pameran tunggal "Rumah Kedua" Solo Exhibition by Oetje Lamno tersebut digelar pada tanggal 10 November 2023 hingga 31 Januari 2024 yang berlokasi di Artspace Lobby Level ARTOTEL Suites Bianti Yogyakarta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES