Gaya Hidup

Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Batu Tanpa Bekas

Selasa, 14 November 2023 - 04:32 | 99.47k
Ilustrasi - Jerawat Batu. (FOTO: astronauts.id)
Ilustrasi - Jerawat Batu. (FOTO: astronauts.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTAJerawat batu yang disebut juga sebagai jerawat kistik (cystic acne) merupakan jerawat yang dibentuk ketika bakteri menginfeksi kulit lebih dalam sehingga menimbulkan kondisi yang lebih parah dari jerawat biasa. Jerawat batu berukuran besar yang berisi nanah dan meradang.

Jika tidak ditangani dengan tepat, jerawat batu dapat menyebar ke kulit di sekitarnya dan biasanya meninggalkan bekas luka jerawat. Lalu bagaimana cara mengatasi jerawat batu dengan tepat?

Langkah Mengatasi Jerawat Batu

Pengobatan jerawat batu bertujuan untuk menghilangkan jerawat dan meminimalkan bekas jerawat. Pengobatan tersebut dilakukan oleh dokter dan dikombinasikan dengan penanganan mandiri.

1. Perawatan dokter

Untuk mengatasi jerawat batu, dokter akan memberikan resep obat yang sesuai. Jika diperlukan, dokter dapat melakukan operasi kecil untuk membuka jerawat batu dan mengeluarkan nanah yang terdapat di dalamnya.

Penting untuk diketahui, bahwa obat-obat jerawat tersebut tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat meningkatkan risiko cacat pada janin.

2. Penanganan mandiri

a. Menggunakan kompres hangat dan dingin

Cara menghilangkan jerawat batu yang pertama dan paling mudah adalah kompres hangat dan dingin. Kompres hangat dapat membantu melunakkan benjolan jerawat sehingga nanah dapat lebih cepat keluar dan jerawat bisa segera mengempis.

Selain itu, juga bisa mengompres jerawat batu dengan es batu. Kompres dingin dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan peradangan.

b. Menggunakan pembersih non sabun

Jika dibandingkan dengan sabun tradisional, pembersih nonsabun diketahui lebih aman digunakan oleh orang yang berjerawat sehingga mencegah terjadinya iritasi atau hal-hal lain yang dapat memperparah kondisi jerawat.

c. Menggunakan tea tree oil

Cara mengempeskan jerawat batu selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak daun teh atau tea tree oil. Minyak ini memiliki kandungan terpinene yang bersifat antiinflamasi dan antibakteri. Kedua sifat tersebut cukup ampuh untuk mencegah munculnya bakteri baru dan mengatasi inflamasi.

d. Hindari memencet jerawat batu

Jerawat batu bisa kian memburuk jika dipencet. Apalagi tangan tidak steril dan mengandung bakteri yang memperburuk jerawatmu. Ini artinya, biarkan jerawat dan lindungi dari gesekan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES