Gaya Hidup

Menggapai Ketenangan Jiwa dengan Meditasi

Rabu, 15 November 2023 - 03:21 | 54.66k
Ilutrasi. Seseorang yang tengah melakukan meditasi di alam terbuka. (FOTO: Pinterest)
Ilutrasi. Seseorang yang tengah melakukan meditasi di alam terbuka. (FOTO: Pinterest)

TIMESINDONESIA, MAGELANGMeditasi adalah sebuah kegiatan yang menekankan kesadaran penuh terhadap pengalaman saat ini. Kini meditasi telah menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kesejahteraan internal dan fisik dalam kehidupan yang serba instan ini.

Merangkum dari berbagai sumber, praktik ini tidak hanya mencatat akarnya dalam tradisi Buddha, tetapi juga telah menjalar ke seluruh masyarakat global, membentuk peran yang semakin signifikan.

Dalam sejarahnya, meditasi memuncak sebagai bagian integral dari ajaran Buddha, dengan tujuan utama mencapai keadaan pencerahan dan pembebasan dari penderitaan.

Namun, pada abad ke-20, para pelaku spiritual membawa konsep ini ke Barat, membuka pintu bagi penerimaan yang luas. Praktik meditasi awareness menekankan pentingnya fokus pada momen sekarang tanpa penilaian.

Dalam praktiknya, seseorang diajak untuk memperhatikan pernapasan, pikiran, dan sensasi tubuh mereka tanpa terjebak dalam perasaan kecemasan atau kekhawatiran akan masa depan.

Dalam kehidupan yang serba cepat dan penuh tekanan, meditasi ini menjadi semacam oase ketenangan. Meditasi, sebagai praktik spiritual dengan akar dalam berbagai tradisi keagamaan dan filosofis selama berabad- abad, menawarkan sejarah yang kaya dan perkembangan yang menarik.

Dari ajaran Hindu dan Buddha di India, meditasi meresap ke budaya Cina, Jepang, dan Tibet melalui penyebaran agama ke Asia Tenggara. Di Barat, praktik meditasi juga ditemukan dalam tradisi Kristen dan mistisisme Sufi. 

Dukungan ilmu pengetahuan ultramodern, terutama studi neurologis yang menunjukkan perubahan struktur otak dan peningkatan fungsi kognitif, semakin mengokohkan posisi meditasi dalam pengelolaan stres dan terapi kesehatan internal.

Dalam kehidupan sehari- hari, meditasi awareness diterapkan di berbagai bidang, termasuk pendidikan, bisnis, dan layanan kesehatan internal.

Sektor pendidikan menggunakan meditasi untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus siswa, sementara di dunia bisnis, perusahaan menyadari manfaat produktivitas yang berasal dari karyawan yang memiliki kesejahteraan internal yang baik melalui meditasi.

Bahkan, program meditasi awareness ditemukan di layanan kesehatan internal sebagai bagian dari terapi. Meditasi awareness, yang berasal dari warisan keagamaan, telah menjadi alat universal untuk meningkatkan kualitas hidup.

Dengan menciptakan ruang bagi ketenangan dalam kehidupan sehari-hari, meditasi membantu individu menghadapi tantangan dengan kepala yang dingin dan hati yang tenang. Sebagai pilar kesejahteraan  ultramodern, meditasi awareness terus membuktikan bahwa kekuatan untuk meraih ketenangan ada di dalam setiap napas yang kita hirup. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES