Gaya Hidup

5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Komedo

Jumat, 17 November 2023 - 06:22 | 39.64k
Ilustrasi menghilangkan komedo. (Foto: sensatia.com)
Ilustrasi menghilangkan komedo. (Foto: sensatia.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sama seperti jerawat, munculnya komedo di area wajah juga mengganggu penampilan. Komedo juga bisa membuat seseorang kurang percaya diri. Tapi jangan khawatir, komedo tetap bisa dihilangkan. Bagaimana caranya?

Komedo bisa dihilangkan dengan berbagai cara, di salon kecantikan atau perawatan sendiri di rumah. Bahan-bahan untuk menghilangkan komedo juga mudah didapat.

Berikut ini cara mudah menghilangkan komedo yang bisa dilakukan di rumah.

1. Minyak kelapa

 Minyak kelapa dapat digunakan sebagai pembersih wajah untuk menghilangkan kotoran atau makeup yang dapat menyumbat pori-pori.

Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa pada area kulit yang berkomedo. Lalu tunggu beberapa saat hingga minyak kelapa menyerap ke dalam kulit. Kemudian bersihkan dengan air hangat.

2. Putih telur dan air perasan lemon

Cara mengatasi komedo berikutnya, yaitu menggunakan masker berbahan putih telur. Untuk membuatnya, campurkan putih telur dengan 2 sendok makan air perasan lemon.

Lalu oleskan pada wajah secara merata dan biarkan selama 20 menit. Kemudian, bilas hingga bersih.

3. Lidah buaya

Lidah buaya dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit wajah, mulai dari mengencangkan kulit, mengontrol produksi minyak, hingga membersihkan pori-pori.

Untuk menghilangkan komedo, oleskan langsung gel lidah buaya pada area kulit yang berkomedo dan biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu, cuci muka dengan air hangat hingga bersih dan keringkan wajah menggunakan handuk.

4. Lemon, garam, dan madu

Penggunaan lemon, garam, dan madu sebagai scrub wajah efektif membantu mengusir komedo pada permukaan kulit wajah. Kandungan dalam tiga bahan alami tersebut bekerja aktif dengan menghilangkan minyak dan membunuh kuman penyebab masalah kulit.

5. Gula dan minyak zaitun

Cara menghilangkan komedo secara alami juga bisa dengan memanfaatkan gula. Caranya, campurkan 1 cangkir gula putih dengan 3 sendok makan minyak zaitun, kacang almond, atau jojoba.

Oleskan secara merata pada seluruh wajah sebagai scrub, lakukan perawatan wajah ini satu kali seminggu untuk hasil yang maksimal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES