Gaya Hidup

Bingung Mau Kasih Hadiah Apa? Yuk, Katakan dengan Bunga-Bunga Berikut dan Maknanya

Sabtu, 18 November 2023 - 02:27 | 44.39k
Seorang gadis memegang sebuket bunga. (Foto: miksturaproduction/Freepik)
Seorang gadis memegang sebuket bunga. (Foto: miksturaproduction/Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTABunga telah lama berfungsi sebagai utusan perasaan, merajut kisah cinta, simpati, perayaan, dan lebih banyak lagi. Sering dianggap sebagai puisi alam, bahasa bunga, atau floriografi, mewakili perasaan dari sang pemberi.

Seseorang bahkan dapat menyampaikan pesan mendalam melalui bunga yang dipilih dengan cermat. Baik dalam kesempatan bahagia maupun duka, bunga sudh melekat di hati banyak orang.

Sejarah Berkembang

Tradisi memberikan makna pada bunga telah ada sejak peradaban kuno. Pada era Victoria, ketika ungkapan dan emosi sering dibatasi, bunga menjadi bahasa simbolis.

Komposisi karangan bunga dibuat dengan pilihan khusus pada jenis dan warnanya. Hal tersebut  menciptakan kode rahasia yang mengungkapkan begitu banyak tanpa mengucapkan sepatah kata pun.

Mawar: Lambang Cinta

Mawar, sering disebut ratu bunga juga dikenal sebagai pengganti bahasa cinta. Nuansa berbeda dari mawar membawa makna halus dan berbeda pada tiap warnanya.

Sebut saja merah yang melambangkan cinta mendalam dan rasa hormat, kuning menyampaikan persahabatan dan kegembiraan, sedangkan merah muda menandakan rasa terima kasih dan kagum. Jadi mana mawar pilihan anda?

Lili: Kesucian dan Kenyataan

Lili, dengan kehadiran megahnya, dikaitkan dengan kesucian dan pembaharuan. Lili putih, khususnya, melambangkan kebaikan dan kepolosan. Sering dipilih untuk upacara pemakaman, lili memberikan hiburan dan menyampaikan pesan harapan di tengah kesedihan.

Crysant: Kesucian dan Sederhana

Dengan penampilan sederhana namun menawan, crysant melambangkan kepolosan dan kesucian. Bunga ini membangkitkan perasaan nostalgia dan sering diberikan untuk merayakan kemurnian cinta yang baru berkembang atau untuk menyampaikan rasa terima kasih atas tindakan sederhana dan tulus.

Bunga Matahari: Pengagungan dan Kesetiaan

Mengagumkan dan ceria, bunga matahari melambangkan pengagungan dan kesetiaan yang teguh. Kelopak bunga yang berseri ini mencerminkan matahari, menyampaikan hangat dan kepositifan. Menghadiahkan buket bunga matahari adalah cara indah untuk menyatakan kagum dan komitmen.

Anggrek: Keindahan Eksotis dan Kekuatan

Anggrek, dengan daya tarik eksotisnya, mewakili keindahan yang langka dan lemah lembut. Namun, mereka juga menyampaikan kekuatan dan ketahanan.

Bunga ini seringkali dipilih untuk menyatakan kekaguman akan kekuatan seseorang dalam menghadapi masa-masa sulit. 

Merangkai Bunga dengan Berbagai Macam Variasi

Meskipun merangkai bunga dengan satu macam jenis dapat memberikan makna yang jelas namun tetap saja merangkai berbagai bunga ke dalam sebuah buket bisa memberi nilai estetika lebih.  

Mengombinasikan bunga berbeda dalam sebuah buket dapat menciptakan simfoni emosi yang personal, memungkinkan pengirim untuk membuat pesan unik. 

Pada intinya, mengatakan dengan bunga lebih dari sekadar estetika botani. Baik memelihara kekhasan masa lalu, menyampaikan belasungkawa, atau sekadar mencerahkan hari seseorang, bahasa bunga tetap menjadi bentuk komunikasi yang abadi dan bermakna.

Jadi, ketika kata-kata atau hadiah lain terasa kurang, katakanlah dengan bunga!.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES