Gaya Hidup

Jelajah Cita Rasa: 7 Hidangan dari Mangga di Berbagai Belahan Dunia

Senin, 20 November 2023 - 02:17 | 40.86k
Mango Sticky Rice ala Thailand. (Foto: Jcomp/Freepik)
Mango Sticky Rice ala Thailand. (Foto: Jcomp/Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMangga, buah tropis yang lezat dan menyegarkan, tidak hanya menjadi favorit saat dinikmati segar tetapi juga menjadi bahan utama untuk hidangan-hidangan istimewa di berbagai penjuru dunia.

Mari perluas wawasan kuliner kita dengan menjelajahi beberapa makanan menggiurkan yang terbuat dari mangga di berbagai belahan bumi. Yuk, cek daftarnya berikut.

1. Mango Sticky Rice (Thailand)

Salah satu hidangan penutup paling terkenal dari Thailand, Mango Sticky Rice, atau yang dikenal sebagai "Khao Niew Mamuang," menggabungkan ketan pulen dengan potongan mangga matang. Disajikan dengan saus santan manis dan biji wijen, hidangan ini menciptakan harmoni rasa yang lezat. Kelembutan ketan bertemu dengan manisnya mangga, menciptakan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

2. Aam Ras Puri (India)

Di India, terutama selama musim panas, Aam Ras Puri menjadi hidangan wajib. Aam Ras, saus mangga yang lembut dan manis, disajikan dengan puri goreng yang renyah. Hidangan ini merayakan kekayaan rasa mangga yang khas India. Kelembutan saus mangga yang membanjiri puri memberikan cita rasa autentik India.

3. Es Teler (Indonesia)

Indonesia memiliki Es Teler, minuman segar yang menggabungkan potongan mangga dengan kelapa muda, alpukat, nangka, dan cincau, disiram dengan susu kental manis dan sirup. Es Teler memberikan sensasi segar dan padu rasa yang unik. Kombinasi berbagai buah dan bahan membuatnya menjadi pilihan yang populer di tengah cuaca tropis Indonesia.

4. Mango Salsa (Mexico)

Mango Salsa adalah saus segar dari Meksiko yang terbuat dari potongan mangga, tomat, bawang merah, cilantro, dan cabai. Cocok sebagai pelengkap untuk hidangan daging panggang atau sebagai camilan dengan nachos. Kombinasi rasa manis mangga dan kesegaran cilantro menciptakan harmoni rasa yang memikat.

5. Mango Bingsu (Korea)

Bingsu, es serut khas Korea, mendapat sentuhan spesial dengan tambahan mangga segar di atasnya. Disajikan dengan susu kental dan potongan mangga, Mango Bingsu memberikan sensasi dingin yang nikmat. Tekstur es serut yang lembut dipadu dengan manisnya mangga menciptakan pengalaman menyegarkan.

6. Mango Cheesecake (United States)

Cheesecake, penganan klasik dari Amerika Serikat, telah mendapat variasi dengan tambahan mangga. Mango Cheesecake menghadirkan kombinasi kelembutan keju dengan keasaman dan manisnya mangga, menciptakan pengalaman manis yang tak terlupakan. Paduan rasa yang unik antara keju dan mangga membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi pecinta cheesecake.

7. Mango Lassi (Middle East)

Dari Timur Tengah, kita memiliki Mango Lassi, minuman yoghurt yang menyegarkan dengan tambahan mangga. Rasanya yang seimbang antara manis dan asam cocok sebagai penyejuk selama hari panas. Kombinasi antara kelembutan yoghurt dan rasa manis mangga memberikan sensasi yang menyegarkan bagi penikmatnya.

Dengan begitu banyak variasi di seluruh dunia, mangga menjadi bintang dalam berbagai hidangan. Menambahkan buah berdaging kuning saat matang ini menghadirkan kelezatan khas setiap budaya. 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES