Gaya Hidup

Keajaiban Rumput Laut: Cara Budidaya dan Manfaatnya yang Luar Biasa

Senin, 20 November 2023 - 04:14 | 48.63k
Rumput laut disajikan di atas meja. (Foto: Freepik)
Rumput laut disajikan di atas meja. (Foto: Freepik)

TIMESINDONESIA, JAKARTARumput laut adalah salah satu sumber daya alam yang luar biasa, menyimpan potensi besar untuk berbagai kegunaan dan manfaat. Tumbuhan ini juga memiliki daya ekonomi yang tinggi.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi cara budidaya rumput laut secara berkelanjutan dan melihat beragam manfaat yang dapat diperoleh dari keberadaannya.

Cara Budidaya Rumput Laut

Rumput laut dapat dibudidayakan dengan berbagai metode, dan pemilihan metode tergantung pada jenis rumput laut dan kondisi lingkungan setempat.

Beberapa metode budidaya yang umum digunakan antara lain metode Longline. Metode ini melibatkan penggunaan tali panjang yang diikat dengan pelampung di permukaan air.

Tali ini dilengkapi dengan tali pendek di bawahnya, di mana rumput laut ditanam. Metode ini efektif untuk pertumbuhan rumput laut di perairan dangkal.

Beberapa petani juga menggunakan metode Floating Raft. Dalam metode ini, rumput laut ditanam pada rak apung yang mengambang di permukaan air. Hal tersebut digunakan untuk memastikan bahwa rumput laut mendapatkan sinar matahari yang optimal untuk fotosintesis.

Metode Submersible meruapakan yang paling banyak digunakan petani. Metode ini melibatkan penanaman rumput laut di jala atau tali yang terpasang pada kerangka yang dapat diturunkan ke dasar laut.

"Submersible memungkinkan pertumbuhan rumput laut yang lebih maksimal, dan hasilnya lebih banyak," ungkap Heri, salah satu petani rumput laut di Pasuruan. 

Manfaat Rumput Laut

1. Sumber Nutrisi Tinggi

Rumput laut mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk serat, vitamin, dan mineral. Konsumsi rumput laut dapat menjadi tambahan yang sangat baik untuk diet seimbang.

2. Pencegahan Perubahan Iklim

Kemampuan rumput laut menyerap karbon dioksida membuatnya menjadi alat yang efektif dalam mitigasi perubahan iklim. Penanaman rumput laut dapat membantu menyeimbangkan ekosistem laut.

3. Industri Kuliner

Rumput laut digunakan luas dalam industri kuliner, terutama dalam hidangan Asia seperti sushi di Jepang. Keunikan rasa dan teksturnya membuatnya menjadi bahan yang dicari.

4. Pembuatan Bahan Baku

Ekstrak rumput laut digunakan dalam pembuatan berbagai produk, termasuk kosmetik, pupuk, dan bahan baku industri lainnya.

5. Habitat Ekosistem Laut

Rumput laut menciptakan habitat yang penting bagi berbagai spesies laut. Mereka memberikan tempat berlindung, berkembang biak, dan menciptakan ekosistem yang seimbang.

6. Pemulihan Pantai

Peran rumput laut dalam melindungi pantai dari abrasi dan badai membantu mempertahankan keberlanjutan ekosistem pesisir. Rumput laut yang dibudidayakan juga membantu mengurangi abrasi terutama saat mereka terjatuh ke dasar laut dan menempel ke batu karang.

Rumput laut, dengan keajaibannya, tidak hanya menjadi bagian dari berbagai hidangan lezat di seluruh dunia tetapi juga memberikan sumbangan penting terhadap keseimbangan ekosistem laut dan kesejahteraan manusia.

Dengan melanjutkan penelitian dan praktik budidaya yang berkelanjutan, kita dapat memastikan bahwa rumput laut tetap menjadi aset berharga untuk masa depan. Dengan memahami manfaatnya, kita dapat mengapresiasi lebih dalam perantumbuhan ini dalam menjaga keseimbangan alam dan mendukung keberlanjutan planet kita.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES