Gaya Hidup

The Apurva Kempinski Pamerkan Topeng Singapadu dan Fashion Show

Minggu, 03 Desember 2023 - 13:06 | 49.22k
Topeng Singapadu dipamerkan di The Apurva Kempinski Bali. (Foto: Dok Avurpa Kempinski)
Topeng Singapadu dipamerkan di The Apurva Kempinski Bali. (Foto: Dok Avurpa Kempinski)

TIMESINDONESIA, BALIThe Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali hari ini menggelar pameran bertajuk The Face of Singapadu Indonesia, yang merupakan bagian dari Powerfull Indonesia Exhibition Campaign, Minggu (3/12/2023).

Kempinski menggelar launching gallery of art the exhibition yang berkolaborasi dengan 2 talenta yang dihadirkan di resort mewah ini yaitu Face of Singapadu dan Fashion Show dari Fashion Designer, Founder of Franksland, Franklin Firdaus.

Topeng Singapadu selama ini dikenal memiliki keunikan tersendiri dan dibuat langsung oleh Seniman Singapadu Cokorda Alit Artawan selaku Artist, Chairman of the Singapadu Artist Association.

Dijelaskan Cokorda Alit Artawan, pameran ini menjadi kali pertamanya di The Apurva Kempinski Nusa Dua Bali usai pihak manajemen Hotel sempat mengunjungi langsung Galerinya.

"Ada 16 topeng yang akan dipamerkan dengan keunikannya tersendiri mulai hari ini sampai Januari mendatang," paparnya.

Topeng Singapadu ini menjadi daya tarik pengunjung yang datang karena ukurannya yang pas dengan wajah dan menggambarkan ekspresi hidup yang dikenal memiliki kesakralan tersendiri.

"Ini diwariskan secara turun menurun dari leluhur kami dengan keahliannya yang membuat Topeng Singapadu memiliki ciri khas tersendiri dan sulit ditiru di tempat lainnya," jelasnya.

Selain itu, proses pewarnaan topeng juga memakan biaya yang tidak sedikit karena sebagian bahannya didapatkan dari luar negeri seperti Prancis.

"Topeng Singapadu punya daya magis tersendiri dan itu tergantung dari tangan pembuatnya," katanya.

Melody Siagian, Director of Marketing and Communications of The Apurva Kempinski Bali mengungkap pihaknya tertarik untuk memamerkan Topeng Singapadu sebagai upaya untuk melestarikan budaya dan warisan Leluhur Bali.

"Kami mengunjungi langsung Galerinya di Singapadu dan menyaksikan sendiri bagaimana proses pembuatannya sehingga kami tertarik untuk menggelar exhibition dengan mengangkat karya Putra Daerah Bali," tuturnya.

Hal tersebut dibenarkan Vincent Guironnet selaku General Manager of The Apurva Kempinski Bali yang mengaku bangga dapat berkolaborasi dengan para seniman Bali untuk mengangkat beberapa Maha Karya kenamaan Seniman Cokorda Alit Artawan.

"Pameran ini merupakan kontribusi The Apurva Kempinski untuk budaya dan karya seni yang memiliki history bagi warga Bali khususnya," katanya.

Bertempat di Lobi Pendopo Kempinski Bali, selain topeng Singapadu juga akan ditampilkan koleksi parfum dari fashion designer dan founder of Franksland, Franklin Firdaus, yaitu parfum terbaru insfired by Bali skala dan niskala. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES