Gaya Hidup

Memahami Lebih Dekat Asuransi Unit Link: Investasi dan Perlindungan dalam Satu Paket

Kamis, 28 Desember 2023 - 11:35 | 21.20k
Ilustrasi sales asuransi. (Foto: Generate AI by Akademi AI Indonesia)
Ilustrasi sales asuransi. (Foto: Generate AI by Akademi AI Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam era keuangan yang dinamis, konsep asuransi telah mengalami evolusi signifikan dengan munculnya produk inovatif seperti asuransi unit link. 

Asuransi unit link ini memberikan solusi yang cerdas dan fleksibel bagi individu yang menginginkan manfaat ganda dari polis asuransi mereka. 

Pengertian Asuransi Unit Link

Asuransi unit link dikelompokkan sebagai jenis asuransi non-tradisional karena menggabungkan aspek perlindungan jiwa dengan fitur investasi. 

Dalam asuransi ini, sebagian dari premi yang dibayarkan oleh nasabah tidak hanya ditujukan untuk membayar premi asuransi, tetapi juga diinvestasikan oleh perusahaan asuransi. 

Dana investasi ini dikelola oleh manajer investasi dan dapat berupa reksadana, dengan tujuan mencapai imbal hasil yang maksimal. 

Nasabah memiliki kewenangan untuk memilih jenis investasi yang diinginkan, termasuk pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana obligasi, reksadana saham, atau kombinasi dari berbagai instrumen tersebut.

Selain manfaat perlindungan jiwa, asuransi unit link juga menciptakan nilai tunai yang berkembang seiring waktu. Nasabah dapat melakukan penarikan sebagian atau seluruhnya dari nilai tunai tersebut sesuai kebutuhan mereka. 

Namun, perlu diingat bahwa meskipun terdapat potensi keuntungan dari investasi, asuransi unit link juga melibatkan risiko investasi yang harus dipertimbangkan dengan seksama. 

Biaya administrasi dan biaya investasi juga menjadi bagian integral dari produk ini, bersama dengan komisi yang diberikan kepada agen atau pialang yang menjualnya. 

Oleh karena itu, sebelum mengambil keputusan, penting bagi nasabah untuk memahami seluruh aspek produk asuransi unit link, serta mempertimbangkan tujuan keuangan pribadi dan kebutuhan perlindungan jiwa secara menyeluruh.

Kelebihan Asuransi Unit Link

Asuransi unit link memiliki beberapa kelebihan yang menarik bagi beberapa individu, tergantung pada kebutuhan dan tujuan finansial masing-masing. Berikut adalah beberapa kelebihan asuransi unit link:

1. Memberi Proteksi Asuransi Jiwa

Asuransi unit link menghadirkan bentuk perlindungan jiwa, dimana manfaatnya diberikan kepada ahli waris apabila pemegang polis meninggal dunia dalam jangka waktu tertentu. Fokus utamanya adalah memberikan ketenangan finansial bagi keluarga yang ditinggalkan.

2. Memiliki Berbagai Pilihan Investasi

Pemegang polis memiliki opsi untuk menetapkan sebagian dari premi mereka ke berbagai instrumen investasi, seperti reksa dana saham, obligasi, atau kombinasi keduanya. Ini memberikan fleksibilitas dalam pengelolaan portofolio investasi.

3. Peluang Keuntungan Investasi

Jika pilihan investasi berkembang, pemegang polis berpotensi mendapatkan keuntungan dari pertumbuhan tersebut. Ini bisa menjadi tambahan nilai untuk kestabilan keuangan di masa mendatang.

Cara Kerja Asuransi Unit Link

Asuransi unit link beroperasi dengan menggabungkan dua komponen utama, yaitu perlindungan asuransi jiwa dan investasi. Berikut adalah cara kerja asuransi unit link:

1. Pembayaran Premi

Pemegang polis membayar premi, yang merupakan jumlah uang yang diberikan secara berkala untuk memegang polis asuransi.

2. Pengalokasian Dana

Sebagian dari premi yang dibayarkan oleh pemegang polis dialokasikan ke dalam dua aspek, yaitu perlindungan jiwa dan investasi. Pemegang polis memiliki kebebasan untuk menentukan seberapa besar alokasi dana untuk masing-masing komponen ini.

3. Perlindungan Jiwa

Sebagian dari premi digunakan untuk menyediakan perlindungan asuransi jiwa. Jika pemegang polis meninggal selama masa pertanggungan, manfaat kematian akan dibayarkan kepada ahli waris.

4. Investasi

Bagian lain dari premi diinvestasikan dalam produk investasi seperti reksa dana saham, obligasi, atau campuran keduanya, sesuai dengan pilihan pemegang polis. Nilai investasi dapat berkembang atau menurun tergantung pada performa pasar.

5. Nilai Tunai

Selama masa polis, terbentuk nilai tunai dari investasi. Pemegang polis dapat menarik sebagian atau seluruh nilai tunai ini, tergantung pada ketentuan dalam polis.

6. Fleksibilitas Alokasi Dana

Pemegang polis dapat mengubah alokasi dana antara aspek perlindungan jiwa dan investasi sesuai dengan perubahan kebutuhan atau preferensi mereka.

Dalam kondisi perubahan yang terus berlangsung, memilih asuransi unit link merupakan langkah strategis menuju keamanan finansial yang komprehensif dan berkelanjutan.

Sunlife hadir dengan solusi terbaik melalui produk asuransi unit link yang unik dan menguntungkan. Satu produk, dua manfaat, Sunlife memberikan kemudahan dengan beragam produk asuransi unit link yang dapat dipilih sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

Ayo, bergabunglah dengan Sunlife, karena kami hadir untuk memberikan perlindungan terbaik bagi Anda dan keluarga. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES